PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 87202
Nama Program Studi : Pendidikan Geografi
Tanggal Berdiri : 1 Juli 1961
SK Penyelenggaraan : 60/DIKTI/KEP/2007
Tanggal SK : 2007-04-02
Rasio Dosen : Mahasiswa : 1 : 81.2

Alamat : -
Kode Pos :
Telepon : 022-2013163
Faximile : +62222011014
Email : jp_geografi@upi.edu
Website : geografi.upi.edu

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : Menjadi departemen pelopor dan unggul dalam pengembangan pendidikan geografi di indonesia pada tahun 2020.
Misi :
  1. menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana pendidikan geografi yang profesional, berakhlak mulia, dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa
  2. melakukan penelitian dan pengembangan ilmu pendidikan geografi untuk mendukung tujuan pendidikan nasional dan visi universitas melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menerapkan ilmu pendidikan geografi sesuai dengan perkembangan masyarakat, ilmu pengetahuan, seni, dan teknologi.
Kompetensi Program Studi : Lulusan program studi pendidikan geografi   strata sarjana (s1) diharapkan mampu mencapai   kompetensi yang sesuai dengan kkni level 6 dengan kemampuan sebagai berikut:
  1. memiliki kecakapan dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan professional berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data, serta dapat memilih berbagai solusi alternatif secara mandiri dan kelompok dalam memecahkan persoalan pembelajaran dan layanan perkembangan peserta didik yang dihadapinya sesuai dengan konteksnya untuk memperoleh hasil pembelajaran terbaik dan perkembangan peserta didik yang optimal.
  2. menguasai dasar-dasar pendidikan dan keilmuan  geografi yang meliputi geografi fisik, geografi teknik, geografi manusia dan lingkungan serta kebencanaan yang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni (ipteks) dan dinamika lingkungan penggunaannya untuk pembelajaran geografi.
  3. memanfaatkan ilmu pengetahuan teknologi dan seni (ipteks)  dan lingkungan sebagai media/sumber dan sasaran belajar, serta  dapat memecahkan masalah dalam pembelajaran geografi.
  4. memahami karakteristik peserta didik dan perkembangannya, serta mengaplikasikan kurikulum, perencanaan pembelajaran,  metode, media, dan penilaian dalam pembelajaran geografi. merefleksi, mengidentifikasi, dan memformulasikan permasalahan pembelajaran geografi serta prosedur penyelesaiannya.
  5. menentukan  solusi terhadap permasalahan berdasarkan analisis informasi geografis berkaitan dengan pembelajaran geografi dan keilmuan geografi.
  6. melakukan penelitian sebagai alternatif pemecahan masalah pembelajaran geografi dan kajian ilmu geografi serta mengkomunikasikan hasilnya secara lisan atau dalam bentuk laporan maupun kertas kerja. 
  7.  memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan tugas dan kewajiban secara professional yang dapat dipertanggungjawabkan kepada para pengguna, pemangku kepentingan, dan masyarakat.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 DADANG SUNGKAWA M.Pd Drs S2
2 WAHYU ERIDIANA M.S Drs S2
3 JUPRI M.T Drs S2
4 ASEP MULYADI M.Pd Drs S2
5 BAGJA WALUYA M.Pd S.Pd S2
6 HENDRO MURTIANTO M.Sc. S.Pd S2
No. Semester Banyak
1 Ganjil 2017 428
2 Genap 2016 208
3 Ganjil 2016 472
4 Genap 2015 435
5 Ganjil 2015 487
6 Genap 2014 455
7 Ganjil 2014 735
8 Genap 2013 714
9 Ganjil 2013 603
10 Genap 2012 744
11 Ganjil 2012 804
12 Genap 2011 741
13 Ganjil 2011 778
14 Genap 2010 699
15 Ganjil 2010 746
16 Genap 2009 662
17 Ganjil 2009 549