PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 87101
Nama Program Studi : Pendidikan Sejarah
Tanggal Berdiri : 28 Desember 2009
SK Penyelenggaraan : 8377/H40/KL/2009
Tanggal SK : 2009-12-28
Rasio Dosen : Mahasiswa :

Alamat : -
Kode Pos :
Telepon :
Faximile :
Email :
Website :

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : program studi pendidikan sejarah sebagai program pascasarjana memiliki visi yaitu sebagai lembaga pendidikan yang unggul dalam pengembangan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan akademik dalam melakukan penelitian pendidikan sejarah dan mampu mengembangkan nilai-nilai sejarah bagi kepentingan kehidupan masyarakat di masa sekarang dan yang akan datang.
Misi : 1.  pendidikan yang menghasilkan ahli dalam pendidikan sejarah yang mampu berpikir kritis dan reflektif dalam melihat peradaban umat manusia sebagai suatu pengalaman sejarah yang terus mengalami perubahan yang berkelanjutan baik dalam konteks spasial maupun temporal.
2.  penelitian dalam bidang pendidikan sejarah dan ilmu sejarah yang menghasilkan informasi tentang urgensi nilai-nilai sejarah dari fakta yang ditelitinya untuk kepentingan internilasisasi sejarah di masyarakat secara lebih luas dan mendalam.
3.  pengabdian yang berorientasi pada penciptaan masyarakat yang memiliki kesadaran terhadap masa lalu, dan mampu memecahkan masalah-masalah kehidupan masyarakat yang berdimensi kesejarahan.
Kompetensi Program Studi : 1.  menguasai dasar-dasar ilmu pendidikan sejarah dan ilmu sejarah dan menerapkannya dalam penelitian dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner.
2.  memiliki kemampuan menganalisis secara historis terhadap kecendrungan-kecendrungan perubahan yang terjadi di masyarakat baik dalam konteks nasional maupun global.
3.  memiliki kemampuan untuk mengembangkan nilai-nilai penting dari suatu peristiwa sejarah dan dapat disosialisasikan kepada masyarakat secara luas dalam melihat realitas sekarang dan kecendrungan di masa yang akan datang.
4.  memiliki kemampuan melakukan penelitian baik dalam tema-tema kesejarahan maupun pendidikan sejarah dan hasil penelitiannya dapat dijadikan alat pendidikan.
5.  memiliki kemampuan merekonstruksi peninggalan-peninggalan sejarah menjadi suatu alat pendidikan dalam menyebarkan kesadaran nilai kesejarahan bagi masyarakat.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 SOLIHIN ICHAS HAMID Dr M.Pd Drs S3
2 MURDIYAH WINARTI Dr M.Hum Dra S3
3 LELI YULIFAR Dr M.Pd Dra S3
4 ENCEP SUPRIATNA Dr M.Pd S.Pd S3
5 ISROK ATUN Dr M.Pd S.Pd S3
No. Semester Banyak
1 Ganjil 2019 67
2 Genap 2018 72
3 Ganjil 2018 88
4 Genap 2017 65
5 Ganjil 2017 69
6 Genap 2016 1
7 Ganjil 2016 61
8 Genap 2015 46
9 Ganjil 2015 61
10 Genap 2014 45
11 Ganjil 2014 53
12 Genap 2013 36
13 Ganjil 2013 48
14 Genap 2012 46
15 Ganjil 2012 49
16 Genap 2011 33
17 Ganjil 2011 33
18 Genap 2010 14
19 Ganjil 2010 14