PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 86280
Nama Program Studi : PGPAUD Kampus Cibiru
Tanggal Berdiri : 16 Juni 2010
SK Penyelenggaraan : 3821/H40/DT/2010
Tanggal SK : 2010-06-16
Rasio Dosen : Mahasiswa :

Alamat :
Kode Pos :
Telepon : (022) 7801840
Faximile :
Email :
Website : kd-cibiru.upi.edu

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : Menjadi  program studi pelopor dan unggul dalam penyelenggaraan pendidikan sarjana guru pendidikan anak usia dini di tingkat  nasional, regional dan internasional
Misi :
  1. menyiapkan calon pendidik dan tenaga kependidikan paud yang berprestasi, kreatif, mandiri, unggul, profesional dan berdaya saing global
  2. mengembangkan penelitian bidang pendidikan anak usia dini yang inovatif dan mutakhir sebagai landasan proses pendidikan dan pengabdian pada masyarakat
  3. menyelenggarakan layanan pengabdian pada masyarakat yang berbasis hasil penelitian pendidikan anak usia dini
  4. menyelengarakan internasionalisasi pendidikan guru pendidikan anak usia dini melalui pengokohan jejaring dan kemitraan tingkat nasional, regional dan internasional
  5. memberdayakan seluruh sumberdaya yang dimiliki dengan memanfaatkan rekayasa teknologi informasi dan komunikasi (ict)
Kompetensi Program Studi : Lulusan program studi  pendidikan guru sekolah dasar   strata sarjana (s1) diharapkan mampu mencapai   kompetensi yang sesuai dengan kkni level 6 dengan kemampuan sebagai berikut:

  1. memiliki kecakapan dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan profesional berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data, serta dapat memilih berbagai solusi alternatif secara mandiri dan kelompok dalam memecahkan persoalan pembelajaran dan layanan perkembangan peserta didik yang dihadapinya sesuai dengan konteksnya untuk memperoleh hasil pembelajaran terbaik dan pengembangan peserta didik yang optimal.
  2. menguasai pengetahuan tentang agama, pancasila, kewarganegaraan, bahasa indonesia dan karakter.
  3. menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah
  4. menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, sosial dan moral.
  5. menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi di sekolah dasar.
  6. menguasai dan melaksanakan evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.
  7. menguasai prinsip-prinsip dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar  dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya.
  8. melakukan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk memfasilitasi perkembangan optimal siswa dan memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku dalam pembelajaran.
  9. menguasai perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran.
  10. bertanggung jawab terhadap tugas sebagai pendidik di sekolah dasar baik secara individual maupun kooperatif dan kolaboratif.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 MARGARETHA SRI Y Dr. M.Pd Dra S3
2 AI SUTINI Dr M.Pd S.Pd S3
3 NENDEN INEU HERAWATI M.Pd Dra S2
4 TUTI ISTIANTI M.Pd Dra S2
5 DESIANI NATALINA MULIASARI M.Pd S.Pd S2
6 MOHAMAD HELMI ISMAIL M.Pd S.Sn S2
7 ENDAH SILAWATI M.Pd S.Pd S2
8 MIRAWATI M.Pd S.Pd S2
No. Semester Banyak
1 Ganjil 2019 257
2 Genap 2018 302
3 Ganjil 2018 310
4 Genap 2017 238
5 Ganjil 2017 241
6 Genap 2016 155
7 Ganjil 2016 228
8 Genap 2015 205
9 Ganjil 2015 211
10 Genap 2014 42
11 Ganjil 2014 243
12 Genap 2013 365
13 Ganjil 2013 354
14 Genap 2012 282
15 Ganjil 2012 171
16 Genap 2011 171
17 Ganjil 2011 172
18 Genap 2010 172
19 Ganjil 2010 135
20 Genap 2009 82
21 Ganjil 2009 80