PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 86283
Nama Program Studi : PGPAUD Kampus Tasikmalaya
Tanggal Berdiri : 15 Agustus 2012
SK Penyelenggaraan : 5341/UN40/DT/2012
Tanggal SK : 2012-08-15
Rasio Dosen : Mahasiswa : 1 : 60.7(2018/2019)
1 : 0(2019/2020)

Alamat :
Kode Pos :
Telepon : 0265-331860
Faximile : 0265-331860
Email : upitasik@yahoo.com
Website : http://kd-tasikmalaya.upi.edu/

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : Visi prodi s1 pgpaud  upi kampus tasikmalaya adalah menjadi menjadi program studi yang unggul dalam bidang pendidikan anak usia dini serta menghasilkan tenaga pendidik anak usia dini yang professional, berakhlak mulia, dan berketeladanan sesuai tuntutan masyarakat.



Misi :
  1. melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas, melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pendidikan baik secara filosofis, teoritik maupun praksis.
  2. melaksanakan penelitian, mengembangkan dan mengaplikasikan berbagai disiplin ilmu pendidikan anak usia dini yang berguna bagi kepentingan masyarakat secara menyeluruh.
  3. melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan anak usia dini.
  4. melaksanakan networking dan menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga terkait, baik regional, nasional, maupun internasional dalam rangka pengembangan ilmu pendidikan anak usia dini.
Kompetensi Program Studi : lulusan program studi  pendidikan guru pendidikan anak usia dini   strata sarjana (s1) diharapkan mampu mencapai   kompetensi yang sesuai dengan kkni level 6 dengan kemampuan sebagai berikut:   lulusan program studi pgpaud adalah guru paud yang memiliki kompetensi sebagai berikut.
  1. memiliki kecakapan dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan profesional berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data, serta dapat memilih berbagai solusi alternatif secara mandiri dan kelompok dalam memecahkan persoalan pembelajaran dan layanan perkembangan peserta didik yang dihadapinya sesuai dengan konteksnya untuk memperoleh hasil pembelajaran terbaik dan pengembangan peserta didik yang optimal.
  2. mengusai dasar  ilmu kependidikan sebagai landasan dalam melaksanakan praktek pendidikan; menguasai teori, prinsip, dan prosedur dalam merancang program pembelajaran yang mendidik  dan memaksimalkan potensi peserta didik yang  bervariasi.
  3. menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan alat penilaian untuk memperbaiki proses dan  hasil belajar peserta didik usia dini yang membantu perkembangan potensinya.menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan alat penilaian untuk memperbaiki proses dan  hasil belajar peserta didik usia dini yang membantu perkembangan potensinya.
  4. memahami karakteristik dan potensi peserta didik usia dini dan mampu  memfasilitasi perkembangan potensi yang bervariasi secara berkesinambungan.
  5. mengelola pembelajaran di kelas dan perubahan kultur kelas serta sekolah untuk membangun dan mengembangkan proses dan hasil pembelajaran peserta didik usia dini yang memiliki multi kemampuan dan makna dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
  6. membina sikap, memberi keteladanan, meningkatkan keterampilan, dan mengembangkan potensi peserta didik  usia dini secara berkesinambungan.
  7. beradaptasi dengan  lingkungan kerja, kelas, sekolah dan  masyarakat tempat  bekerja.
  8. menguasai pendekatan dan metode penelitian yang dapat digunakan untuk memperbaiki pembelajaran.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 HERI YUSUF MUSLIHIN Dr M.Pd S.Pd S3
2 SUMARDI M.Pd Drs S2
3 EDI HENDRI MULYANA M.Pd Drs S2
4 ELAN M.Pd S.Pd S2
5 TAOPIK RAHMAN M.Pd S.Pd S2
6 AINI LOITA M.Pd S2
No. Semester Banyak
1 Genap 2018 357
2 Ganjil 2018 364
3 Genap 2017 317
4 Ganjil 2017 324
5 Genap 2016 240
6 Ganjil 2016 305
7 Genap 2015 221
8 Ganjil 2015 288
9 Genap 2014 113
10 Ganjil 2014 153
11 Genap 2013 63
12 Ganjil 2013 63