PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 86206
Nama Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tanggal Berdiri : 1 Januari 2002
SK Penyelenggaraan : 914/DIKTI/Kep/2002
Tanggal SK : 2002-05-13
Rasio Dosen : Mahasiswa :

Alamat : -
Kode Pos :
Telepon : (022) 2013161
Faximile : (022) 2013651
Email : prodipgpgsd_fip@upi.edu
Website : http://pgsd.upi.edu/

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi :

menjadi program studi pelopor dan unggul dalam bidang pendidikan guru sekolah dasar secara nasional dan regional pada tahun 2025.

Misi :
  1. menyelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan guru sekolah dasar yang kompeten dengan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan kebutuhan nasional dan tantangan abad ke-21.      
  2. menyelenggarakan riset unggulan dan kolaboratif untuk mengembangkan teori dan praktik pendidikan ke-sd-an yang responsif dan mutakhir.   
  3. menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara profesional dalam rangka ikut serta memecahkan masalah pendidikan ke-sd-an.      
  4. mengembangkan jejaring dan kerjasama secara nasional dan internasional dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan guru sekolah dasar. 
Kompetensi Program Studi :

1. sikap

s1 bertakwa kepada tuhan yang maha esa dan mampu menunjukkan sikap religius

s2 menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasrkan agama, moral, dan etika s3 berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan

kemajuan peradaban berdasrkan pancasila

s4 berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa

tanggung jawab pada negara dan bangsa

s5 menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta

pendapat/temuan original orang lain

s6 bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

s7 taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

s8 menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

s9 menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

s10 menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

s11 memahami dirinya secara utuh sebagai sarjana pendidikan

s12 beradaptasi, bekerjasama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu

pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalamperannya sebagai

warga dunia

s13 memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami arti plagiarisme, jenis-jenisnya, dan

upaya pencegahannya, serta konsekuiensinya apabila melakukan plagiarisme

s14 bersikap dan berperilaku ilmiah, edukatif dan religius, serta silih asih, silih asah, silih asuh dalam

lingkungan kerja dan kehidupan bermasyarakat

s15 memiliki wawasan kebangsaan dan menjadi warga negara yang baik

s15 menjadi pembelajar sepanjang hayat (life long learners)

 

2. pengetahuan

p1 menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik sd dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan

kultural untuk kepentingan pembelajaran

p2 menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan

ke-sd-an

p3 menguasai konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan dan bimbingan di sd

p4 menguasai teori belajar dan pembelajaran di sd

p5 menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan sd

p6 menguasai konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian di sd

p7 menguasai integrasi teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian, serta komunikasi dalam

pembelajaran di sd

p8 menguasai pendalaman bidang kajian di sd sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman

p9 menguasai prinsip-prinsip dan prosedur berbagai jenis penelitian dan pengembangan karya inovatif

yang dapat memecahkan permasalahan pendidikan di sd

 

3. keterampilan umum

ku1 mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan

atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai

humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

ku2 mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

ku3 mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang

memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah,

tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,

menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan

mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

ku4 mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut secara tepat dalam konteks penyelesaian

masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisi informasi dan data

ku5 mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang

keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data

ku6 mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik

di dalam maupun di luar lembaganya

ku7 mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan

evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah

tanggungjawabnya

ku8 mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah

tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

ku9 mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk

menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

ku10 mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman yang dinamis

ku11 mampu mengintegrasikan kecakapan belajar dan berinovasi (learning and innovation skills),

penguasaan informasi, media, dan teknologi (information, media, and technology skills), dan

pengembangan karier dan kecakapan hidup (life and career skills)

ku12 mampu menunjukkan kepemimpinan yang kreatif, inovatif, dan demokratis


4. keterampilan khusus

kk1 mampu memberikan layanan pembelajaran yang mendidik kepada peserta didik sd sesuai dengan

karakteristiknya

kk2 mampu memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik sd secara optimal

kk3 mampu memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian

untuk kepentingan pembelajaran di sd

kk4 mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran,

penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengelolaan pembelajaran di sd

kk5 mampu memperbaiki dan/atau meningkatkan kualitas pembelajaran di sd berdasarkan penilaian

proses dan penilaian hasil belajar

kk6 mampu menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, menyenangkan, menantang, dan

mengembangkan peserta didik sd untuk berkreasi

kk7 mampu mengelola dan mengembangkan kurikulum sd

kk8 mampu mendiseminasikan karya akademik tentang pendidikan di sd dalam bentuk publikasi yang

diunggah dalam laman perguruan tinggi dan/atau jurnal bereputasi

kk9 mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks

pengembangan keilmuan ke-sd-an dan implementasinya

Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 TATANG SYARIPUDIN Dr. M.Pd S3
2 DINA MAYADIANA SUWARMA Dr M.Pd S.Pd S3
3 NANA JUMHANA M.Pd Drs S2
4 KURNIASIH M.Pd Dra S2
5 RUSWANDI HERMAWAN M.Ed Drs S2
6 ANI HENDRIANI M.Pd Dra S2
7 EFFY MULYASARI M.Pd S.Pd S2
8 DWI HERYANTO M.Pd S.Pd S2
9 SANDI BUDHI IRIAWAN M.Pd S.T S2
10 IRA RENGGANIS M.Sn S.Pd S2
11 ARIE RAKHMAT RIYADI M.Pd S.Pd S2
12 ANDHIN DYAS FITRIANI M.Pd S.Pd S2
13 ASEP SAEFUDIN M.Pd M.Pd S.Pd S2
14 APRILIA EKI SAPUTRI M.Pd S.Pd S2
15 MELA DARMAYANTI M.Pd S.Pd S2
16 NON DWISHIERA CAHYA ANASTA M.Pd S.Pd S2
17 SENDI FAUZI GIWANGSA M.Pd S.Pd S2
No. Semester Banyak
1 Ganjil 2019 570
2 Genap 2018 570
3 Ganjil 2018 586
4 Genap 2017 614
5 Ganjil 2017 615
6 Genap 2016 465
7 Ganjil 2016 728
8 Genap 2015 3
9 Genap 2015 682
10 Ganjil 2015 800
11 Genap 2014 3603
12 Ganjil 2014 14059
13 Genap 2013 14543
14 Ganjil 2013 13955
15 Genap 2012 61
16 Genap 2012 10965
17 Ganjil 2012 13865
18 Genap 2011 12910
19 Ganjil 2011 11610
20 Genap 2010 10556
21 Ganjil 2010 21174
22 Genap 2009 19087
23 Ganjil 2009 14473