PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 83207
Nama Program Studi : Pendidikan Ilmu Komputer
Tanggal Berdiri : 16 Juni 2010
SK Penyelenggaraan : 3775/H40/DT/2010
Tanggal SK : 2010-06-16
Rasio Dosen : Mahasiswa :

Alamat : -
Kode Pos :
Telepon : 022-2007140
Faximile : 022-2013651
Email : cs@upi.edu
Website : cs.upi.edu

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : menjadi program studi pelopor dan unggul (leading and outstanding) dalam bidang pendidikan ilmu komputer.



Misi :
  1. menyelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan sdm professional dalam bidang pendidikan ilmu komputer yang berdaya saing global.
  2. mengembangkan teori-teori pendidikan inovatif dalam bidang pendidikan ilmu komputer untuk menunjang pembangunan nasional.
  3. menerapkan hasil kajian inovatif untuk memecahkan permasalahan bidang pendidikan ilmu komputer di masyarakat.
  4. menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat yang profesional dalam rangka ikut serta memecahkan masalah nasional dalam bidang pendidikan ilmu komputer.
  5. menyelenggarakan internasionalisasi bidang pendidikan ilmu komputer melalui pengembangan dan pengokohan jejaring dan kemitraan pada tingkat nasional, regional, dan internasional.
Kompetensi Program Studi : Lulusan program studi pendidikan ilmu komputer   strata sarjana (s1) diharapkan mampu mencapai   kompetensi yang sesuai dengan kkni level 6 dengan kemampuan sebagai berikut:
  1. memiliki kecakapan dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan profesional berdasarkan hasil analisis informasi dan data, serta dapat memilih berbagai solusi alternatif secara mandiri dan kelompok dalam memecahkan persoalan pembelajaran dan layanan perkembangan peserta didik yang dihadapinya sesuai dengan konteksnya untuk memperoleh hasil pembelajaran terbaik dan perkembangan peserta didik yang optimal;
  2. menguasai keilmuan komputer sebagai salah satu kompetensi utamanya dalam mengaplikasikan keilmuan yang dimilikinya dalam bidang pendidikan maupun bidang industri dan jasa;
  3. memiliki keterampilan rancang bangun perangkat lunak dan perangkat keras sebagai kompetensi pendukung dalam mengaplikasikan keilmuan yang dimilikinya dalam bidang pendidikan maupun bidang industri dan jasa;
  4. menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan sehingga mampu merencanakan, melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode, teknik dan strategi pembelajaran, serta mengevaluasi pembelajaran  sebagai upayanya dalam  mengimplementasikan  kurikulum pada pembelajaran di kelas;
  5. mampu melakukan penelitian yang dapat mengembangkan layanan pendidikan dan mengomunikasikan hasil peneltian dan karyanya;
  6. mampu bekerjasama dalam tim untuk memecahkan permasalahan pembelajaran peserta didik melalui upaya bimbingan dan konseling;
  7. memiliki kemampuan mendiseminasikan gagasan-gagasan inovatif untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah;
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 ENJANG ALI NURDIN Dr M.Kom Drs S3
2 HERI SUTARNO M.T Ir S2
3 EKA FITRAJAYA RAHMAN M.T Drs S2
4 HERBERT M.T S.Kom S2
5 WAHYUDIN M.T S.T S2
6 JAJANG KUSNENDAR M.T S.T S2
7 BUDI LAKSONO PUTRO M.T S.Si S2
8 HARSA WARA PRABAWA M.Pd S.Si S2
9 EKI NUGRAHA M.Kom S.Pd S2
10 ENJUN JUNAETI M.Si S.Si S2
11 ERLANGGA M.T S.Kom S2
12 ERNA PIANTARI M.T S.Kom S2
No. Semester Banyak
1 Ganjil 2019 301
2 Genap 2018 275
3 Ganjil 2018 332
4 Genap 2017 99
5 Genap 2017 301
6 Ganjil 2017 338
7 Genap 2016 101
8 Genap 2016 217
9 Ganjil 2016 413
10 Genap 2015 113
11 Genap 2015 406
12 Ganjil 2015 460
13 Genap 2014 134
14 Genap 2014 448
15 Ganjil 2014 631
16 Genap 2013 119
17 Genap 2013 597
18 Ganjil 2013 518
19 Genap 2012 165
20 Genap 2012 483
21 Ganjil 2012 523
22 Genap 2011 415
23 Ganjil 2011 477
24 Genap 2010 444
25 Ganjil 2010 465
26 Genap 2009 403
27 Ganjil 2009 399