PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 86285
Nama Program Studi : PGSD Kampus Purwakarta
Tanggal Berdiri : 13 April 2006
SK Penyelenggaraan : 2144/J33/PP.03.02/2006
Tanggal SK : 2006-04-13
Rasio Dosen : Mahasiswa : 1 : 49.9(2018/2019)
1 : 0(2019/2020)

Alamat :
Kode Pos :
Telepon : (0264) 200395
Faximile : (0264) 200395
Email : kampus_purwakarta@upi.edu
Website : http://kd-purwakarta.upi.edu/

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : Pelopor dan unggul (a leading and outstanding) dalam membentuk pribadi guru sd yang religius, berkarakter, profesional, modern dan kreatif.
Misi :
  1. mendidik calon guru sekolah dasar yang profesional dengan kualifikasi dan mutu yang berdaya saing global
  2. melakukan kajian/penelitian untuk tujuan pengembangan teori-teori pendidikan dan peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dasar
  3. meningkatkan kuantitas dan kualitas berbagai fasilitas pembelajaran serta sdm sesuai dengan tuntutan pengelolaan program yang optimal dan representatif sebagai satu-satunya lptk pt bhmn yang mengelola pgsd di purwakarta subang, karawang, bekasi
  4. menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat secara profesional terutama yang terkait dengan peningkatan kualitas guru sekolah dasar dalam mengelola pembelajaran.
Kompetensi Program Studi :
  1. memiliki kecakapan dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan profesional berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data, serta dapat memilih berbagai solusi alternatif secara mandiri dan kelompok dalam memecahkan persoalan pembelajaran dan layanan perkembangan peserta didik yang dihadapinya sesuai dengan konteksnya untuk memperoleh hasil pembelajaran terbaik dan pengembangan peserta didik yang optimal.
  2. menguasai pengetahuan tentang agama, pancasila, kewarganegaraan, bahasa indonesia dan karakter.
  3. menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah
  4. menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, sosial dan moral.
  5. menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi di sekolah dasar.
  6. menguasai dan melaksanakan evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.
  7. menguasai prinsip-prinsip dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar  dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya.
  8. melakukan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk memfasilitasi perkembangan optimal siswa dan memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku dalam pembelajaran.
  9. menguasai perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran. bertanggung jawab terhadap tugas sebagai pendidik di sekolah dasar baik secara individual maupun kooperatif dan kolaboratif.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 YUYU HENDAWATI M.Pd Dra S2
2 ENDANG HIDAYAT M.Pd Drs S2
3 TATI SUMIATI M.Pd Dra S2
4 MAMAD KASMAD M.Pd Drs S2
5 SUHAEDAH M.Pd Dra S2
6 KANDA RUSKANDI M.Pd Drs S2
7 MUJONO M.Pd Drs S2
8 ACEP RUSWAN M.Pd Drs S2
9 SRIE MULYANI M.Pd Dra S2
10 D WAHYUDIN M.Pd Drs S2
11 PUJI RAHAYU M.Pd Dra S2
12 ERNA SUWANGSIH M.Pd Dra S2
13 INDAH NURMAHANANI M.Pd S.S. S2
14 FITRI NURAENI M.Pd S.Pd S2
No. Semester Banyak
1 Genap 2018 687
2 Ganjil 2018 698
3 Genap 2017 727
4 Ganjil 2017 728
5 Genap 2016 336
6 Ganjil 2016 734
7 Genap 2015 671
8 Ganjil 2015 711
9 Genap 2014 210
10 Ganjil 2014 682
11 Genap 2013 2626
12 Ganjil 2013 2412
13 Genap 2012 1875
14 Ganjil 2012 2188
15 Genap 2011 2204
16 Ganjil 2011 1917
17 Genap 2010 1867
18 Ganjil 2010 2407
19 Genap 2009 2271
20 Ganjil 2009 1294