PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 86001
Nama Program Studi : Bimbingan Dan Konseling
Tanggal Berdiri : 21 Oktober 1993
SK Penyelenggaraan : 588/DIKTI/KEP/1993
Tanggal SK : 1993-10-21
Rasio Dosen : Mahasiswa : 1 : 12.3(2018/2019)
1 : 0(2019/2020)

Alamat : -
Kode Pos :
Telepon : 022-2001197
Faximile : 022-2001197
Email : pps_bk@upi.edu
Website : sps.upi.edu

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : Program studi bimbingan dan konseling memiliki visi menjadi pelopor dan unggul dalam ilmu, teknologi, dan seni bimbingan dan konseling di asia tenggara pada tahun 2017.



Misi :
  1. menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan dosen s1 jurusan bimbingan dan konseling, praktisi bimbingan   dan konseling, serta ahli bimbingan dan konseling.
  2. menyelenggarakan penelitian dan inovasi untuk mengembangkan ilmu, teknologi dan/atau seni bimbingan dan konseling yang mampu mendapatkan pengakuan nasional dan internasional.
  3. menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk memecahkan permasalahan ilmu, teknologi, dan/atau seni bimbingan dan konseling melalui pendekatan inter, multidisipliner, dan transdisipliner.
  4. menjalin kerjasama kemitraan dengan lembaga pendidikan ternama (di dalam atau luar negeri) dan lembaga lain yang memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan (khususnya bidang bimbingan dan konseling).
Kompetensi Program Studi :
  1. menganalisis perkembangan peserta didik melaluipendekatanmultidisiplin dan interdisiplin.
  2. mensintesis berbagai landasan keilmuan untuk pengembangan kerangka kerja operasional layanan bimbingan dan konseling.
  3. menganalisis berbagai strategi dan pendekatan dalam implementasi layanan bimbingan dan konseling yang adaptif terhadap konteks lingkungan perkembangan individu.
  4. merancang program bimbingan dan konseling dalam jalur, jenjang dan satuan pendidikanberdasarkankecenderungankontemporerpendidikandanbimbingan.
  5. menerapkan layanan bimbingan dan konseling berdasarkan satu atau lebih model dan pendekatan pokok bimbingan dan konseling.
  6. melakukan penelitian bimbingan dan konseling secara kreatif dan inovatif  yang dapat dipublikasikan dalam jurnal ilmiah dan berbagai forum keilmuan dan profesi.
  7. menunjukkan tanggung jawab dalam  implementasi layanan bimbingan dan konseling dalam berbagai seting dan konteks layanan.
  8. mengindahkan etika profesi dalam layanan bimbingan dan konseling  dan  kolaborasi bersama profesi sejenis yang bergerak dalam bidang bantuan.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 SUNARYO KARTADINATA Dr M.Pd Drs S3
2 AHMAN Dr M.Pd Drs S3
3 NANDANG RUSMANA Dr M.Pd Drs S3
4 NURHUDAYA Dr M.Pd Drs S3
5 MUHAMMAD SOLEHUDDIN Dr M.Pd Drs S3
6 YUSI RIKSA YUSTIANA Dr M.Pd Dra S3
No. Semester Banyak
1 Genap 2018 69
2 Ganjil 2018 74
3 Genap 2017 68
4 Ganjil 2017 64
5 Genap 2016 18
6 Ganjil 2016 77
7 Genap 2015 69
8 Ganjil 2015 72
9 Genap 2014 74
10 Ganjil 2014 90
11 Genap 2013 96
12 Ganjil 2013 64
13 Genap 2012 142
14 Ganjil 2012 152
15 Genap 2011 142
16 Ganjil 2011 147
17 Genap 2010 137
18 Ganjil 2010 139
19 Genap 2009 113
20 Ganjil 2009 100