PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Institut Agama Islam Darul Da'wah Wal Irsyad Polewali Mandar
Kode Program Studi : 86208
Nama Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Tanggal Berdiri : 5 November 2014
SK Penyelenggaraan : Nomor: 6266 Tahun 2014
Tanggal SK : 2014-11-05
Rasio Dosen : Mahasiswa : 1 : 83.4

Alamat : -
Kode Pos : -
Telepon :
Faximile :
Email : pai@iai.ddipolman.ac.id
Website : iai.ddipolman.ac.id

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : terdepan dalam penyelenggaraan pendidikan agama islam  yang mengembangkan aspek keilmuan dan keagamaan serta menghasilkan tenaga pendidik profesional, berdaya saing, berjiwa entrepreneurship di indonesia timur pada tahun 2030
Misi : 1.  menyelenggaran pendidikan dalam mencetak tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional dalam bidang pendidikan agama islam  berdaya saing dan berjiwa kewirausahaan.
2.  melaksanakan pendidikan untuk menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial yang dilandasi nilai-nilai akhlakul karimah.
3.  melaksanakan penelitian dan inovasi dalam bidang pendidikan agama  yang dapat dimanfaatkan oleh stakeholders dan melaksanakan pendidikan yang memiliki dedikasi dan komitmen yang tinggi kepada masyarakat dalam penyebaran dan pengimplementasian pendidikan agama islam.
4. menyelenggarkan kerjasama dalam skala nasional, regional, maupun internasional dalam pengembangan pendidikan agama islam, penelitian atas dasar pengembangan dan peningkatan profesionalisme tenaga pendidik dalam bidang pendidikan agama islam.
Kompetensi Program Studi : 1. kompetensi pedagogik, meliputi:
    1. menguasai karakteristik peserta didik dari aspek intelektual, fisik, moral, spiritual, sosial, kultural dan emosional.
    2. menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran.
    3. mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
    4. memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
    5. menfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
    6. berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
    7. melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
    8. memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
 2. kompetensi profesional, meliputi:
    1. menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.
    2. menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
    3. mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
    4. mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
    5. memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri.
 3. kompetensi kepribadian, meliputi:
    1. bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional indonesia.
    2. menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat.
    3. menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.
    4. menunjukkan etos kerja yang baik, rasa bangga menjadi guru, rasa percaya diri dan tanggung jawab yang tinggi.
    5. menjunjung tinggi kode etik profesi guru.
4. kompetensi sosial, meliputi:
    1. bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.
    2. berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
    3. beradaptasi di tempat bertugas di seluruh negara kesatuan republik indonesia yang memiliki keragaman agama, sosial, dan  budaya.
    4. berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain baik secara lisan, tulisan, dan atau bentuk lain
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 HARBIAH M.Pd.I Dra S2
2 RIVAI MAKDUANI S2
3 MUHAMMAD SHIDDIQ RIFAI S2
4 ABD. WAHID S2
5 AHMAD S2
6 SUMARNO M.Pd.I S.Pd.I S2
7 MUSLIMIN M.Pd.I S.Pd.I S2
No. Semester Banyak
1 Genap 2017 525
2 Ganjil 2017 529
3 Genap 2016 584
4 Ganjil 2016 583
5 Genap 2015 615
6 Ganjil 2015 616
7 Genap 2014 691
8 Ganjil 2014 688
9 Genap 2013 569
10 Ganjil 2013 569
11 Genap 2012 399
12 Ganjil 2012 399
13 Genap 2011 256
14 Ganjil 2011 256
15 Genap 2010 67
16 Ganjil 2010 66
17 Ganjil 2009 1