PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 86288
Nama Program Studi : PGSD Kampus Tasikmalaya
Tanggal Berdiri : 13 April 2006
SK Penyelenggaraan : 2145/J33/PP.03.02/2006
Tanggal SK : 2006-04-13
Rasio Dosen : Mahasiswa :

Alamat :
Kode Pos :
Telepon : 0265-331860
Faximile : 0265-331860
Email : upitasik@yahoo.com
Website : http://kd-tasikmalaya.upi.edu/

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : Program studi pelopor dan ungguldalam mengembangkan teori dan praktik  pendidikan sekolah dasar yang berbasiskan penelitian, serta menghasilkan guru yang religius, profesional, berkarakter, dan berkearifan lokal.



Misi :
  1. guru sd yang religius, profesional, berkarakter, berkearifan lokal, dan yang mampu mengembangkan perencanaan, proses, penilaian pembelajaran setara dengan kualifikasi level enam kerangka kualifikasi nasional indonesia (kkni).
  2. ilmu dan praktik pendidikan sekolah dasaryang inovatif berdasar hasil penelitian yang berorientasi pada:  a) disiplin ilmu pendidikan ke-sd-anserta pendidikan disiplin ilmu ke-sd-an, b) pengembangan karakter, dan c) kearifan lokal.
  3. temuan-temuan inovatif dalam disiplin ilmu pendidikan dan pendidikan disiplin ilmu pada bidang ke-sd-anuntuk kemajuan masyarakat.
Kompetensi Program Studi : Lulusan program studi  pendidikan guru sekolah dasar   strata sarjana (s1) diharapkan mampu mencapai   kompetensi yang sesuai dengan kkni level 6 dengan kemampuan sebagai berikut:  
  1. memiliki kecakapan dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan      profesional berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data, serta dapat memilih     berbagai solusi alternatif secara mandiri dan kelompok dalam memecahkan persoalan pembelajaran dan layanan perkembangan peserta didik yang dihadapinya sesuai dengan konteksnya untuk memperoleh hasil pembelajaran terbaik dan pengembangan peserta didik yang optimal.
  2. menguasai pengetahuan tentang agama, pancasila, kewarganegaraan, bahasa indonesia dan karakter.
  3. menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah.
  4. menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, sosial dan moral.
  5. menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi di sekolah dasar.
  6. menguasai dan melaksanakan evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.
  7. menguasai prinsip-prinsip dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar  dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya.
  8. melakukan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk memfasilitasi perkembangan optimal siswa dan memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku dalam pembelajaran.
  9. menguasai perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran.
  10. bertanggung jawab terhadap tugas sebagai pendidik di sekolah dasar baik secara individual maupun kooperatif dan kolaboratif.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 EPON NURAENI L Dr M.Pd Dra S3
2 KARLIMAH Dr M.Pd Dra S3
3 DIAN INDIHADI Dr M.Pd S3
4 SYARIP HIDAYAT Dr M.Pd S.Pd S3
5 AAN KUSDIANA M.Pd Drs S2
6 OYON HAKI PRANATA M.Pd Drs S2
7 YUSUF SURYANA M.Pd Drs S2
8 AKHMAD NUGRAHA M.Si Drs S2
9 NANA GANDA M.Pd Drs S2
10 AHMAD MULYADIPRANA M.Pd Drs S2
11 ROSARINA GIYARTINI M.Pd S.Pd S2
12 DINDIN ABDUL MUIZ LIDINILLAH M.Pd S.Si S2
13 GHULLAM HAMDU M.Pd S.Pd S2
14 SENI APRILIYA M.Pd S.Pd S2
15 RESA RESPATI M.Pd M.Pd S.Pd S2
16 DWI ALIA M.Pd S.Pd S2
17 LUTFI NUR M.Pd S.Pd S2
No. Semester Banyak
1 Ganjil 2019 776
2 Genap 2018 773
3 Ganjil 2018 784
4 Genap 2017 723
5 Ganjil 2017 744
6 Genap 2016 547
7 Ganjil 2016 738
8 Genap 2015 724
9 Ganjil 2015 785
10 Genap 2014 233
11 Ganjil 2014 744
12 Genap 2013 3044
13 Ganjil 2013 3040
14 Genap 2012 1
15 Genap 2012 2270
16 Ganjil 2012 2726
17 Genap 2011 2730
18 Ganjil 2011 2177
19 Genap 2010 2173
20 Ganjil 2010 4674
21 Genap 2009 4360
22 Ganjil 2009 3233