PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Islam Sultan Agung
Kode Program Studi : 86206
Nama Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tanggal Berdiri : 5 Februari 2013
SK Penyelenggaraan : 37/E/O/2013
Tanggal SK : 2013-02-05
Rasio Dosen : Mahasiswa :

Alamat : Jl Raya Kaligawe Km.4 Semarang
Kode Pos : 50112
Telepon : 024-6583584
Faximile : 024 6582455
Email : informasi@unissula.ac.id
Website : fkip.unissula.ac.id

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : menjadi program studi yang unggul penghasil tenaga pendidik khairu ummah, profesional, berakhlak mulia, dan mampu membangun peradaban islam melalui ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di bidang pendidikan guru sekolah dasar berdasarkan nilai-nilai islam pada tahun 2023.



Misi :
  1. menyelengenyelenggarakan   dan mengembangkan proses pendidikan yang professional sesuai dengan ilmu pengetahuan dan teknolgi di bidang pendidikan guru sekolah dasar. 
  2. menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan yang menghasilkan lulusan sarjana pendidikan yang profesional, memiliki wawasan, sikap ilmiah, keterampilan, mampu berfikir logis, sistematis, kritis, dan kreatif serta berahklak mulia di bidang pendidikan guru sekolah dasar.
  3. menyelenggarakan dan mengembangkan sumber daya insani (sdi) yang  unggul, berakhlak mulia dan mengaktualisasikan prinsip-prinsip dan nilai-nilai islam di bidang pendidikan guru sekolah dasar.
  4. menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian yang mampu menyelesaikan problematika pendidikan di bidang pendidikan guru sekolah dasar serta mempublikasikan hasil penelitian di tingkat nasional  maupun internasional
  5. menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui penyebarluasan dan penerapan ilmu pendidikan guna meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar dan menyelesaikan problematika masyarakat di bidang pendidikan.
  6. menyelenggarakan dan mengembangkan sistem evaluasi diri dan penjaminan mutu pada program studi pendidikan guru sekolah dasar yang mampu menghasilkan sarjana pendidikan guru sekolah dasar yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja (stakeholder).

Kompetensi Program Studi : lulusan program studi pendidikan guru sekolah dasar (pgsd-teacher primary education) universitas islam sultan agung diharapkan memiliki berbagai kompetensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang terefleksi dalam pola pikir dan perilaku atau perbuatan. (1) mampu menerapkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktik prefesionalnya melalui kegiatan pembelajaran. (2) mampu mengembangkan pembelajaran di sekolah dasar melalui riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat pendidikan. (3) mampu memecahkan permasalahan pembelajaran melalui kegiatan riset dalam bidang pembelajaran yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. kompetensi lulusan  program studi pgsd fkip universitas islam sultan agung dijabarkan sebagai berikut :

  1. memiliki kekuatan iman dan taqwa, serta kepribadian yang berakhlaqul karimah. 
  2. memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada lima bidang studi utama di sekolah dasar.
  3. memiliki kemampuan mengenal dan menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis.
  4. memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
  5. memiliki kemampuan untuk menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  6. memiliki kemampuan melaksanakan model-model evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran secara signifikan di sekolah dasar.
  7. memiliki kemampuan melakukan penelitian yang dapat mengembangkan pembelajaran di sekolah dasar secara inter dan multi ?disiplin dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil peneltian dan karyanya secara nasional.
  8. memiliki kemampuan melakukan penelitian untuk memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar secara inter dan multi ?disiplin dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil peneltian dan karyanya secara nasional.
  9. memiliki kemampuan melakukan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku pembelajaran di sekolah dasar.
  10. mampu merencanakan, mengelola sumber daya dan melakukan evaluasi atas pelaksanaan program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliannya.
  11. memiliki kemampuan mendiseminasikan gagasan-gagasan inovatif untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar baik pada tingkat daerah maupun tingkat nasional.
  12. memiliki karakter kuat dalam menepati komitmen dan tanggung jawab untuk melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
  13. memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangkan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar. memiliki kemampuan melakukan dan mengembangkan kepribadian siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler




Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 NURIDIN Dr M.Pd S.Ag S3
2 MUHAMAD AFANDI M.Pd S.Pd S2
3 YUNITA SARI M.Pd S.Pd S2
4 NUHYAL ULIA M.Pd S.Pd S2
5 RIDA FIRONIKA KUSUMADEWI M.Pd S.Pd S2
6 JUPRIYANTO M.Pd S.Pd S2
7 ANDARINI PERMATA CAHYANINGTYAS M.Pd S.Pd S2
8 SARI YUSTIANA M.Pd S.Pd S2
9 YULINA ISMIYANTI M.Pd S.Pd S2
10 ERNA NOVIYANTI M.Pd S.Pd S2
No. Semester Banyak
1 Ganjil 2020 430
2 Genap 2019 306
3 Ganjil 2019 438
4 Genap 2018 3
5 Genap 2018 475
6 Ganjil 2018 420
7 Genap 2017 2
8 Genap 2017 555
9 Ganjil 2017 385
10 Genap 2016 74
11 Genap 2016 350
12 Ganjil 2016 594
13 Genap 2015 516
14 Ganjil 2015 673
15 Genap 2014 629
16 Ganjil 2014 639
17 Genap 2013 460
18 Ganjil 2013 458
19 Genap 2012 187
20 Ganjil 2012 187