PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 84204
Nama Program Studi : Pendidikan Kimia
Tanggal Berdiri : 11 Juli 1996
SK Penyelenggaraan : 60/DIKTI/KEP/2007
Tanggal SK : 2007-04-02
Rasio Dosen : Mahasiswa : 1 : 22.5(2018/2019)
1 : 0(2019/2020)

Alamat : -
Kode Pos :
Telepon : 022-2000579
Faximile : 022-2013651
Email : info@upi.edu
Website : http://www.upi.edu

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : Menjadi program studi pelopor dan unggul dalam pengembangan ilmu dan sumber daya manusia di bidang pendidikan kimia di asia tenggara pada tahun 2025.



Misi :
  1. menyelenggarakan pendidikan untuk mempersiapkan pendidik, pelatih,  peneliti, dan pengelola dalam bidang pendidikan kimia yang unggul dan mampu berkolaborasi secara nasional dan internasional
  2. menyelenggarakan penelitian dan pengembangan pendidikan kimia yang inovatif dan berakar pada kearifan lokal.
  3. menyebarluaskan hasil penelitian dan pengembangan pendidikan kimia secara nasional dan internasional.
Kompetensi Program Studi : Lulusan program studi pendidikan kimia   strata sarjana (s1) diharapkan mampu mencapai   kompetensi yang sesuai dengan kkni level 6 dengan kemampuan sebagai berikut:    
  1. memiliki  kecakapan dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan profesional berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data, serta dapat memilih berbagai solusi  alternatif secara mandir idan kelompok dalam memecahkan persoalan pembelajaran fisika dan layanan perkembangan peserta didik yang dihadapinya sesuai dengan konteks untuk memperoleh hasil pembelajaran yang terbaik dan perkembangan peserta didik yang optimal.
  2. menguasai konsep kimia, pedagogi, perkembangan peserta didik, kurikulum sekolah dan pengetahuan yang relevan dengan pendidikan kimia(pengetahuan)
  3. menerapkan pedagogi kimia dalam kegiatan mendidik, meneliti, melatih,  dan mengelola penyelenggaraan pendidikan kimia (keterampilan khusus)
  4. memiliki keterampilan pengelolaan laboratorium dan instrumentasi kimia yang menunjang penyelenggaraan pendidikan kimia.
  5. menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan pendidikan kimia 
  6. menerapkan keterampilan berpikir kritis dan  kreatif untuk  pemecahan masalah dan pengambilan keputusan dalam pedagogi kimia.
  7. mampu memunculkan ide-ide baru dalam beradaptasi terhadap berbagai perkembangan pendidikan kimia
  8. mampu mengkomunikasikan ide/gagasan dengan bahasa lisan maupun tertulis berdasarkan kaidah tatacara dan etika ilmiah
  9. mampu bekerja secara mandiri dan kolaboratif dalam tim/organisasi baik di dalam maupun di luar lembaga.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 FLORENTINA MARIA TITIN SUPRIYANTI Dr M.Si Dra S3
2 SJAEFUL ANWAR Drs S3
3 IJANG ROHMAN Dr M.Si Drs S3
4 SOJA SITI FATIMAH Dr M.Si S.Si S3
5 WAWAN WAHYU Dr M.Pd S.Pd S3
6 WIJI Dr M.Si S.Pd S3
7 TUSZIE WIDHIYANTI Dr S3
8 GEBI DWIYANTI M.Si Dra S2
9 ZACKIYAH M.Si Dra S2
10 RAHMAT SETIADI M.Sc. Drs S2
11 WIWI SISWANINGSIH M.Si Dra S2
12 ASEP SURYATNA M.Si Drs S2
13 HOKCU SUHANDA M.Si Drs S2
14 ALI KUSRIJADI M.Si Drs S2
15 MUHAMMAD NURUL HANA M.Pd S.Pd S2
16 GUN GUN GUMILAR M.Si S.Pd S2
No. Semester Banyak
1 Ganjil 2019 334
2 Genap 2018 73
3 Genap 2018 332
4 Ganjil 2018 360
5 Genap 2017 155
6 Genap 2017 331
7 Ganjil 2017 370
8 Genap 2016 76
9 Genap 2016 256
10 Ganjil 2016 437
11 Genap 2015 112
12 Genap 2015 374
13 Ganjil 2015 453
14 Genap 2014 70
15 Genap 2014 397
16 Ganjil 2014 751
17 Genap 2013 38
18 Genap 2013 763
19 Ganjil 2013 516
20 Genap 2012 41
21 Genap 2012 809
22 Ganjil 2012 878
23 Genap 2011 811
24 Ganjil 2011 957
25 Genap 2010 923
26 Ganjil 2010 927
27 Genap 2009 844
28 Ganjil 2009 705