PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Diponegoro
Kode Program Studi : 23201
Nama Program Studi : Arsitektur
Tanggal Berdiri : 10 November 1962
SK Penyelenggaraan : 4631/D/T/K-N/2010
Tanggal SK : 2010-12-01
Rasio Dosen : Mahasiswa :

Alamat : -
Kode Pos :
Telepon : 0247470690
Faximile :
Email : arsitektur@ftundipacid
Website : https://arsitektur.ft.undip.ac.id/en/

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi :

menjadi prodi s1 yang memiliki reputasi nasional dan internasional di tahun 2025 dan mampu berperan aktif dalam dunia pendidikan di bidang disain arsitektur berbasis riset dan teknopreneur.

Misi :

1. menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan arsitektur sehingga dapat menghasilkan lulusan sarjana s1 arsitekturyang mempunyai keunggulan, berbasis riset dan teknopreneurdengan penekanan kearifan lokal & pusaka ? desain yang inklusif ? arsitektur hijau

2. meningkatkan kualitas dan kuantitas riset, publikasi dan mengupayakan kepemilikan hak atas kekayaan intelektual (haki) dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan senidengan penekanan kearifan lokal & pusaka ? desain yang inklusif ? arsitektur hijau

3. meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian masyarakat sebagai upaya penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni pada lingkup desain lingkungan binaandengan penekanan kearifan lokal & pusaka ? desain yang inklusif ? arsitektur hijau

4. meningkatkan profesionalitas, kapabilitas, akuntabilitas dan tata kelola dalam penyelenggaraan institusi pendidikan arsitektur.

Kompetensi Program Studi :

a1. bertakwa kepada tuhan yang maha esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

a2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

a3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;

a4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

a5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

a6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

a7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

a8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

a9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

a10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

a11. mampu mengikuti ide atau konsep bentuk wujud

a12. mampu mengusulkan ide atau konsep bentuk wujud, tatanan, dan fungsi, melalui hasil riset sederhana

a13. mampu mengasumsikan ide atau konsep bentuk wujud, tatanan, dan fungsi, melalui hasil riset untuk bangunan 1 lantai hingga bertingkat banyak.

a14. mampu mengasumsikan dan melengkapi hasil riset dalam suatu presentasi seminar

a15. mampu mengelola bagian dari manajemen proyek, kontrak, network planning, rks, dan rab


pu1. mampu mengaktifkan teori pendidikan jasmani untuk pengolahan fisik /jasmani untuk mendukung proses pendidikan arsitektur;

pu2. mampu merancang presentasi karya arsitektur berbahasa indonesia dan berbahasa inggris

pu3 mampu mengalamiahkan teori-teori perancangan arsitektur di lapangan


pk1. mampu meniru sistem struktur sederhana

pk2. mampu merancang dengan cara free hand drawing, maket/3d modelling, dan komputer grafis

pk3. mampu merancang bangunan 1 lantai hingga berlantai banyak lengkap dengan sistem struktur dasar atau lanjut, disertai tata ruang dalam, utilitas dan lansekap

pk4. mampu merancang bangunan atau kawasan arsitektur terkait dengan manajemen proyek

pk5. mampu mengalamiahkan teori-teori perancangan arsitektur di lapangan

pk6. mampu mempertajam evaluasi hasil karya arsitektur

pk7. mampu memadankan teori, mengkritisi fenomena kasus kedalam sebuah laporan penelitian


k1. mampu mengetahui primary elemen, form, space, order, dan function dalam arsitektur

k2. mampu memahami primary elemen, form, space, order, dan function dalam arsitektur

k3. mampu menganalisis sitem struktur bangunan,

k4. mampu menerapkan fisika bangunan dasar dalam desain

k5. mampu menggunakan komputer grafis untuk perancangan

k6. mampu menerapkan bagian dari manajemen proyek, kontrak, network planning, rks, rab dan peraturan-peraturan untuk perancangan bangunan/kawasan.

k7. mampu menerapkan beberapa dasar-dasar metode riset arsitektur

k8. mampu membedakan, memilah, dan mengatur perancangan bangunan 1 lantai hingga bertingkat banyak, memiliki 1 fungsi hingga multi fungsi ikonik , di area pedesaan hingga pusat kota.

k9. mengevaluasi pasca huni bangunan arsitektur dan optimasi lahan pada desain

k10. mengevaluasi pasca huni bangunan arsitektur, memunculkan konsep tematik dan optimasi lahan pada desain

Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 BAMBANG SETIOKO Dr M.Eng Ir S3
2 Erni Setyowati Dr M.T Ir S3
3 Totok Rusmanto M.Eng Ir S2
4 Edy Darmawan M.Eng Ir S2
5 Abdul Malik M.Ars Ir S2
6 Dhanoe Iswanto M.T Ir S2
7 Agung Dwiyanto M.T Ir S2
8 Satrio Nugroho M.Si Ir S2
9 Indriastjario M.Eng Ir S2
10 Wijayanti M.Eng Ir S2
11 Budi Sudarwanto M.Si Ir S2
12 Sri Hartuti Wahyuningrum M.T Ir S2
13 Bharoto M.T S.T S2
14 Resza Riskiyanto M.T S.T S2
15 Arnis Rochma Harani M.T S.T S2
16 SATRIYA WAHYU FIRMANDHANI M.T S.T S2
17 MASYIANA ARIFAH ALFIA RIZA M.Arch S.T S2
No. Semester Banyak
1 Ganjil 2020 184
2 Genap 2019 592
3 Ganjil 2019 727
4 Genap 2018 535
5 Ganjil 2018 586
6 Genap 2017 540
7 Ganjil 2017 709
8 Genap 2016 573
9 Ganjil 2016 679
10 Genap 2015 618
11 Ganjil 2015 728
12 Genap 2014 74
13 Ganjil 2014 819
14 Genap 2013 744
15 Ganjil 2013 848
16 Genap 2012 740
17 Ganjil 2012 821
18 Genap 2011 733
19 Ganjil 2011 854
20 Genap 2010 661
21 Ganjil 2010 775
22 Genap 2009 630
23 Ganjil 2009 716