PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 86287
Nama Program Studi : PGSD Kampus Sumedang
Tanggal Berdiri : 13 April 2006
SK Penyelenggaraan : 2142/J33/PP.03.02/2006
Tanggal SK : 2006-04-13
Rasio Dosen : Mahasiswa : 1 : 34.6(2018/2019)
1 : 0(2019/2020)

Alamat :
Kode Pos :
Telepon : 0261 201244
Faximile :
Email :
Website :

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : Program studi pgsd sumedang menjadi pengembang keilmuan sekolah dasar yang inovatif dan penyelenggara pendidikan guru sekolah dasar yang unggul dan bermutudi tingkat daerah pada tahun 2013, regional tahun 2015, nasional pada tahun 2020 dan internasional pada tahun 2025.



Misi :
  1. menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan tenaga pendidik di sekolah dasar yang profesional, bermutu, dan memiliki daya kompetitif.
  2. mengembangkan keilmuan pendidikan sekolah dasar yang inovatif sesuai dengan kebutuhan di lapangan.
  3. menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk partisipasi dalam memecahkan masalah yang terjadi di lapangan.
  4. mengembangkan kerjasama dalam bidang pendidikan sekolah dasar pada tingkat daerah, regional, nasional maupun internasional.
Kompetensi Program Studi : lulusan program studi  pendidikan guru sekolah dasar   strata sarjana (s1) diharapkan mampu mencapai   kompetensi yang sesuai dengan kkni level 6 dengan kemampuan sebagai berikut:  
  1. memiliki kecakapan dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan profesional berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data, serta dapat memilih berbagai solusi alternatif secara mandiri dan kelompok dalam memecahkan persoalan pembelajaran dan layanan perkembangan peserta didik yang dihadapinya sesuai dengan konteksnya untuk memperoleh hasil pembelajaran terbaik dan pengembangan peserta didik yang optimal.
  2. menguasai pengetahuan tentang agama, pancasila, kewarganegaraan, bahasa indonesia dan karakter.
  3. menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah
  4. menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, sosial dan moral.
  5. menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi di sekolah dasar.
  6. menguasai dan melaksanakan evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.
  7. menguasai prinsip-prinsip dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar  dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya.
  8. melakukan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk memfasilitasi perkembangan optimal siswa dan memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku dalam pembelajaran.
  9. menguasai perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran.
  10. bertanggung jawab terhadap tugas sebagai pendidik di sekolah dasar baik secara individual maupun kooperatif dan kolaboratif.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 ATEP SUJANA Dr M.Pd S.Pd S3
2 ANI NUR AENI Dr M.Pd S.Pd S3
3 DIAH GUSRAYANI Dr M.Pd S.Pd S3
4 MAULANA Dr M.Pd S.Pd S3
5 JULIA Dr. M.Pd S.Pd S3
6 DADANG KURNIA M.Pd S.E. S2
7 ALI SUDIN M.Pd Drs S2
8 DEDE TATANG SUNARYA M.Pd Drs S2
9 DADAN DJUANDA M.Pd Drs S2
10 REGINA LICHTERIA PANJAITAN M.PFis S.Si S2
11 ASEP KURNIA JAYADINATA M.Pd S.Pd S2
12 RIANA IRAWATI M.Si S.Si S2
13 DETY AMELIA KARLINA M.Pd S2
14 AAH AHMAD SYAHID M.Pd S.Pd S2
15 DADAN NUGRAHA M.Pd S.Pd S2
16 CUCUN SUNAENGSIH M.Pd S.Pd S2
No. Semester Banyak
1 Genap 2018 551
2 Ganjil 2018 554
3 Genap 2017 505
4 Ganjil 2017 509
5 Genap 2016 371
6 Ganjil 2016 578
7 Genap 2015 531
8 Ganjil 2015 542
9 Genap 2014 135
10 Ganjil 2014 545
11 Genap 2013 1523
12 Ganjil 2013 1552
13 Genap 2012 1401
14 Ganjil 2012 1211
15 Genap 2011 1216
16 Ganjil 2011 1255
17 Genap 2010 1255
18 Ganjil 2010 1255
19 Genap 2009 1142
20 Ganjil 2009 919