PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 86202
Nama Program Studi : Pendidikan Khusus
Tanggal Berdiri : 1 Januari 1964
SK Penyelenggaraan : 60/DIKTI/KEP/2007
Tanggal SK : 2007-04-02
Rasio Dosen : Mahasiswa : 1 : 24.8(2018/2019)
1 : 0(2019/2020)

Alamat : -
Kode Pos :
Telepon : 022-2013163
Faximile : (022) 2000021
Email : Plb_fip@upi.edu
Website : http://pkh.upi.edu/

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : Menjadikan departemen pendidikan khusus sebagai center of excellent dalam pengembangan dan penerapan ilmu pendidikan khusus yang memiliki keunggulan dan rujukan keilmuan profesi yang berlandaskan asas ilmiah, educative dan religious.
Misi :
  1. mengembangkan dan mengaplikasikan ilmu pendidikan kebutuhan khusus melalui penelitian yang ditopang oleh berbagai disiplin ilmu untuk kepentingan masyarakat lokal, nasional, dan internasional;
  2. menyelenggarakan berbagai program keahlian ilmu pendidikan kebutuhan khusus sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat dan perkembangan ilmu pendidikan kebutuhan khusus;
  3. mengembangkan dan mengaplikasikan berbagai teknologi pendidikan kebutuhan khusus yang diperlukan untuk menopang kualitas layanan pendidikan;
  4. mengembangkan keahlian untuk mempersiapkan tenaga professional yang berkualitas untuk menopang layanan pendidikan kebutuhan khusus.
Kompetensi Program Studi : lulusan program studi pendidikan khusus strata sarjana (s1) diharapkan mampu mencapai   kompetensi yang sesuai dengan kkni level 6 dengan kemampuan sebagai berikut:  
  1. memiliki kecakapan dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan profesional berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data, serta dapat memilih berbagai solusi alternatif secara mandiri dan kelompok dalam memecahkan persoalan pengelolaan pendidikan, pembelajaran, dan layanan perkembangan peserta didik yang dihadapinya sesuai dengan konteksnya untuk memperoleh hasil pembelajaran terbaik dan pengembangan peserta didik yang optimal.
  2. menguasai keilmuan dasar pendidikan khusus.
  3. menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan khusus untuk semua jenis kebutuhan khusus/kelainan.
  4. menemukenali anak dengan kebutuhan khusus dengan menggunakan berbagai teknik dan strategi asesmen.
  5. mengembangkan  kurikulum untuk layanan pendidikan khusus jalur formal (dari jenjang paud hingga pendidikan menengah) dan jalur non formal.
  6. merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pada berbagai layanan pendidikan khusus.
  7. mompensatoris untuk mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam memecahkan masalah dalam mengelola pendidikan kebutuhan khusus.
  8. melakukan penelitian yang dapat mengembangkan layanan pendidikan khusus secara inter dan multi-disiplin dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil peneltian dan karyanya secara nasional.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 NIA SUTISNA Dr M.Si Drs S3
2 EHAN Dr M.Pd Dra S3
3 BUDI SUSETYO Dr M.Pd Drs S3
4 NANDI WARNANDI Dr M.Pd Drs S3
5 SIMA MULYADI Dr M.Pd Drs S3
6 OOM SITTI HOMDIJAH Dr. M.Pd Dra S3
7 DUDI GUNAWAN Dr M.Pd Drs S3
8 TATI HERNAWATI Dr M.Pd Dra S3
9 SUNARYO M.Pd Drs S2
10 ENDANG RUSYANI M.Pd Drs S2
11 ZULKILFI SIDIQ M.Pd Drs S2
12 NENI MEIYANI M.Pd Dra S2
13 SETYO WAHYU WIBOWO M.Kes Dr S2
14 RIKSMA NURAHMI RINALTI AKHLAN M.Pd Dr S2
15 EUIS HERYATI M.Kes S.Ked S2
16 EEN RATNENGSIH M.Pd S.Pd S2
No. Semester Banyak
1 Ganjil 2019 362
2 Genap 2018 322
3 Ganjil 2018 397
4 Genap 2017 402
5 Ganjil 2017 430
6 Genap 2016 291
7 Ganjil 2016 543
8 Genap 2015 599
9 Ganjil 2015 621
10 Genap 2014 669
11 Ganjil 2014 1144
12 Genap 2013 61
13 Genap 2013 1047
14 Ganjil 2013 1041
15 Genap 2012 229
16 Genap 2012 1089
17 Ganjil 2012 1195
18 Genap 2011 1114
19 Ganjil 2011 1097
20 Genap 2010 956
21 Ganjil 2010 991
22 Genap 2009 877
23 Ganjil 2009 704