PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 84205
Nama Program Studi : Pendidikan Biologi
Tanggal Berdiri : 20 Oktober 1994
SK Penyelenggaraan : 60/DIKTI/KEP/2007
Tanggal SK : 2007-04-02
Rasio Dosen : Mahasiswa : 1 : 22.4(2018/2019)
1 : 0(2019/2020)

Alamat : -
Kode Pos :
Telepon : 022-2001937
Faximile : 022-2001937
Email : Jp_pend_biologi@upi.edu
Website : www.biologi.upi.edu

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : Program studi pendidikan biologi sebagai pelopor dan unggul dalam bidang pendidikan biologi.



Misi :
  1. menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan inovatif untuk menyiapkan tenaga pendidik dalam bidang pendidikan biologi yang profesional dan berdaya saing global.
  2. mengembangkan dan mengaplikasikan teori-teori kependidikan dan bidang keilmuan untuk menopang penyelenggaraan pendidikan biologi yang profesional melalui penelitian.
  3. menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara profesional dan berkelanjutan dalam rangka ikut serta memecahkan masalah dalam bidang pendidikan biologi.
  4. menyebarluaskan hasil-hasil penelitian di dalam bidang pendidikan biologi melalui seminar, publikasi, workshop pada tingkat nasional dan internasional.
  5. menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga untuk memperkokoh jejaring dan kemitraan pada tingkat lokal, nasional dan internasional.
Kompetensi Program Studi : Lulusan program studi pendidikan biologi   strata sarjana (s1) diharapkan mampu mencapai   kompetensi yang sesuai dengan kkni level 6 dengan kemampuan sebagai berikut:
  1. memiliki kecakapan dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan profesional berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data, serta dapat memilih berbagai solusi alternatif secara mandiri dan kelompok dalam memecahkan persoalan pembelajaran biologi yang dihadapinya sesuai dengan konteks untuk memeroleh pembelajaran yang baik dan perkembangan peserta didik dengan optimal
  2. menguasai konsep, prinsip, teori dan hukum biologi dan terapannya untuk memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah
  3. mengusaai kurikulum, pembelajaran dan evaluasi/asesmen untuk mendukung pemecahan masalah pembelajaran biologi di sekolah
  4. menguasai matematika dan sains dasar untuk mendukung pemecahan masalah pembelajaran di sekolah
  5. mampu menerapkan pedagogi  spesifik untuk pembelajaran konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat sebagai implementasi pedagogical content knowledge (pck)
  6. menguasai keterampilan dan kemampuan manajerial pengelolaan laboratorium sekolah dengan memanfaatkan ipteks
  7. memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep biologi dan pendidikan biologi sebagai dasar pengembangan kewirausahaan
  8. mampu mengambil keputusan berdasarkan data hasil kajian dan riset serta mengkomunikasikannya
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 SAEFUDIN Dr M.Si Ir S3
2 MIMIN NURJHANI K Dr M.Pd Dra S3
3 ADI RAHMAT Dr M.Si Drs S3
4 AMPRASTO Dr M.Si Drs S3
5 KUSNADI Dr. M.Si S.Pd S3
6 ANA RATNA WULAN Dr M.Pd S.Pd S3
7 YUSUF HILMI ADISENDJAJA M.Sc. Drs S2
8 SOESI ASIAH SOESILAWATY M.Si Dra S2
9 SARIWULAN DIANA M.Si Dra S2
10 DADANG MACHMUDIN Drs S2
11 SUHARA M.Pd Drs S2
12 YANTI HAMDIYATI M.Si Dra S2
13 WAHYU SURAKUSUMAH M.Si S.Si S2
14 ENI NURAENI M.Pd S.Pd S2
15 RINI SOLIHAT M.Si S.Pd S2
16 TRI SUWANDI M.Sc. S.Pd S2
No. Semester Banyak
1 Genap 2018 342
2 Ganjil 2018 358
3 Genap 2017 341
4 Ganjil 2017 343
5 Genap 2016 267
6 Ganjil 2016 431
7 Genap 2015 360
8 Ganjil 2015 415
9 Genap 2014 371
10 Ganjil 2014 744
11 Genap 2013 717
12 Ganjil 2013 495
13 Genap 2012 752
14 Ganjil 2012 816
15 Genap 2011 754
16 Ganjil 2011 945
17 Genap 2010 906
18 Ganjil 2010 911
19 Genap 2009 839
20 Ganjil 2009 663