PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 86201
Nama Program Studi : Bimbingan Dan Konseling
Tanggal Berdiri : 17 November 1964
SK Penyelenggaraan : 60/DIKTI/KEP/2007
Tanggal SK : 2007-04-02
Rasio Dosen : Mahasiswa : 1 : 33.5(2018/2019)
1 : 0(2019/2020)

Alamat : -
Kode Pos :
Telepon : 022-2013163
Faximile : (022) 2013163
Email : ppb@upi.edu
Website : http://ppb.upi.edu/

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : menjadi pelopor dan pusat keunggulan di asia tenggara pada tahun 2017 dalam perkembangan ilmu, teknologi dan seni pada bidang bimbingan dan konseling
Misi : misi yang diemban psbk fip upi adalah meningkatkan mutu kinerja dalam hal-hal berikut.
  1. penyelenggaraan pendidikan akademik dan profesional yang bermutu tinggi untuk menghasilkan guru bimbingan dan konseling dan konselor yang mampu bersaing dalam skala nasional dan internasional.
  2. pengembangan dan pengaplikasian ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam bidang bimbingan dan konseling untuk tatanan masyarakat.
  3. pengembangan disiplin ilmu bimbingan dan konseling melaui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. pengembangan budaya akademik yang bermutu tinggi dalam rangka pengembangan ilmu, teknologi dan seni dalam bidang bimbingan dan konseling.
  5. peningkatan dan pengembangan kerja sama yang saling menguntungkan dengan lembaga atau organisasi terkait dalam upaya pengembangan sumberdaya manusia di bidang kependidikan.
Kompetensi Program Studi : lulusan program studi bimbingan dan konseling    strata sarjana (s1) diharapkan mampu mencapai   kompetensi yang sesuai dengan kkni level 6 dengan kemampuan sebagai berikut:  
  1. memiliki kecakapan dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan profesional berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data, serta dapat memilih berbagai solusi alternatif secara mandiri dan kelompok dalam memecahkan persoalan pembelajaran dan layanan perkembangan peserta didik yang dihadapinya sesuai dengan konteksnya untuk memperoleh hasil pembelajaran terbaik dan pengembangan peserta didik yang optimal.
  2. menguasai teori dan praksis pendidikan dan keterampilan merancang dan menyelenggarakan pembelajaran, terutama dalam seting bimbingan dan konseling.
  3. menguasai kerangka teoretik dan praksis bimbingan dan konseling dan esensi layanan bimbingan dan konseling dalam  jalur, jenjang, dan jenis satuan pendidikan.
  4. memahami perkembangan fisiologis,  psikologis,  dan kultural  perilaku  konseli serta menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami perilaku, masalah, dan kebutuhan konseli.
  5. merancang program bimbingan dan konseling  dan mengimplementasikannya dalam perspektif   bimbingan dan konseling komprehensif.
  6. menilai proses dan hasil kegiatan bimbingan dan konseling  dan menguasai konsep dan praksis penelitian  dalam bimbingan dan konseling.
  7. menunjukkan integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat dan menampilkan kinerja berkualitas
  8. memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika profesi, kegiatan profesi bimbingan dan konseling dan kolaborasi inter dan antar profesi.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 AMIN BUDIAMIN Dr M.Pd Drs S3
2 EUIS FARIDA Dr M.Pd Dra S3
3 UMAN SUHERMAN AS Dr M.Pd Drs S3
4 SITI ASFIYAYI LILI N M.Pd Dra S2
5 AAS SAOMAH M.Si Dra S2
6 R TATI KUSTIAWATI M.Pd Dra S2
7 SETIAWATI M.Pd Dra S2
8 SUDARYAT NURDIN AKHMAD M.Pd Drs S2
9 DADANG SUDRAJAT M.Pd S.Pd S2
10 EKA SAKTI YUDHA M.Pd S.Pd S2
11 TRI LESTARI M.Pd S.Pd S2
12 NADIA AULIA NADHIRAH M.Pd S.Pd S2
13 PEPI NURONIAH M.Pd S.Pd S2
14 RINA NURHUDI RAMDHANI M.Pd S.Pd S2
No. Semester Banyak
1 Ganjil 2019 401
2 Genap 2018 161
3 Genap 2018 384
4 Ganjil 2018 469
5 Genap 2017 167
6 Genap 2017 411
7 Ganjil 2017 431
8 Genap 2016 167
9 Genap 2016 145
10 Ganjil 2016 518
11 Genap 2015 156
12 Genap 2015 507
13 Ganjil 2015 574
14 Genap 2014 511
15 Ganjil 2014 738
16 Genap 2013 754
17 Ganjil 2013 688
18 Genap 2012 810
19 Ganjil 2012 862
20 Genap 2011 800
21 Ganjil 2011 832
22 Genap 2010 751
23 Ganjil 2010 773
24 Genap 2009 692
25 Ganjil 2009 589