PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 86104
Nama Program Studi : Administrasi Pendidikan
Tanggal Berdiri : 1 September 1998
SK Penyelenggaraan : 588/DIKTI/KEP/1993
Tanggal SK : 1993-10-21
Rasio Dosen : Mahasiswa : 1 : 16.4(2018/2019)
1 : 0(2019/2020)

Alamat : -
Kode Pos :
Telepon : 022-2001197
Faximile :
Email : pps_adpend@upi.edu
Website :

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : Program studi administrasi pendidikan memiliki visi untuk menjadi salah satu pusat keunggulan (centre of excellence) bidang kajian administrasi dan atau manajemen pendidikan, kebijakan dan kepemimpinan pendidikan yang inovatif dan transformatif, berakhlaq mulia, serta sesuai dengan kebutuhan lokal, nasional dan global yang secara signifikan mampu mendorong peningkatan kinerja sistem pendidikan nasional yang unggul dan kompetitif.
Misi :
  1. memperluas, mempertajam, dan memperdalam kemampuan menerapkan konseptual-teoritis administrasi/manajemen pendidikan sebagai alat deskripsi analisis prediksi pengembangan suatu pendidikan.
  2. memperluas, mempertajam, dan memperdalam kemampuan menerapkan konsep/teori bidang administrasi/manajemen pendidikan sebagai alat untuk memecahkan masalah empiris dibidang penyelenggaraan pendidikan.
  3. mengembangkan kemampuan untuk menemukan gagasan, konsep, dan metode baru dalam bidang administrasi/manajemen pendidikan yang mendukung kebutuhan lapangan untuk mewujudkan sistem pendidikan yang bermutu tinggi.
Kompetensi Program Studi :
  1. mampu menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian administrasi pendidikan secara mandiri.
  2. mampu memanfaatkan hasil sintesis teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan, manajemen, dan perencanaan dalam penyelenggaraan sistem pengelolaan pendidikan nasional pada berbagai tingkat dan jenjang secara efektif dan efisien.
  3. mampu mengelola pembelajaran bidang administrasi/manajemen pendidikan pada tingkat pendidikan tinggi.
  4. mampu merancang perencanaan dan pengembangan model-model pengelolaan dan kepemimpinan pendidikan untuk berbagai jenis dan jenjang pendidikan.
  5. mampu memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin.
  6. mampu melaksanakan penelitian yang berkualitas dalam bidang kepemimpinan, manajemen, dan perencanaan pendidikan.
  7. mampu menulis dan mempresentasikan karya ilmiah dalam bidang kepemimpinan, manajemen, dan perencanaan pendidikan pada tingkat nasional maupun  internasional.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 ABUBAKAR Dr M.Pd Drs S3
2 EKA PRIHATIN M.Pd S3
3 NUGRAHA SUHARTO Dr M.Pd S.Sos S3
4 TAUFANI CHUSNUL KURNIATUN Dr M.Si Drs S3
5 DEDY ACHMAD KURNIADY Dr M.Pd S.Pd S3
No. Semester Banyak
1 Genap 2018 59
2 Ganjil 2018 82
3 Genap 2017 102
4 Ganjil 2017 118
5 Genap 2016 66
6 Ganjil 2016 128
7 Genap 2015 106
8 Ganjil 2015 122
9 Genap 2014 157
10 Ganjil 2014 160
11 Genap 2013 186
12 Ganjil 2013 151
13 Genap 2012 505
14 Ganjil 2012 527
15 Genap 2011 474
16 Ganjil 2011 529
17 Genap 2010 499
18 Ganjil 2010 541
19 Genap 2009 500
20 Ganjil 2009 369