PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 83203
Nama Program Studi : Pendidikan Teknik Mesin
Tanggal Berdiri : 1 Juli 1961
SK Penyelenggaraan : 60/DIKTI/KEP/2007
Tanggal SK : 2007-04-02
Rasio Dosen : Mahasiswa :

Alamat : -
Kode Pos :
Telepon : 022-2020162
Faximile : (022) 2011576
Email : jptm@upi.edu
Website : http://mesin.upi.edu/

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : Departemen pendidikan teknik mesin fptk upi menjadi pelopor dan unggul dalam bidang ilmu pendidikan teknik mesin di indonesia pada tahun 2020 dan asean pada tahun 2025.
Misi :
  1. menyelenggarakan program pendidikan teknik mesin untuk menyiapkan tenaga   pendidik profesional yang mampu bersaing secara lokal, nasional, dan global di lembaga pendidikan formal dan non-formal (lembaga kursus  dan diklat di industri).
  2. menyelenggarakan penelitian secara profesional dalam bidang pendidikan teknik mesin dalam upaya memperkuat disiplin ilmu pendidikan teknik mesin.
  3. menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat secara profesional   dalam bidang pendidikan teknik mesin.
  4. menyelenggarakan program pendidikan profesi guru (ppg) teknik mesin untuk menghasilkan guru profesional tingkat nasional.
  5. menyelenggarakan program ahli madya teknik mesin 
Kompetensi Program Studi : Secara umum tujuan pendidikan dptm fptk mengacu pada tujuan pendidikan upi yang bermuara pada upaya pengembangan manusia yang beriman, bertakwa, bermoral, berakhlak mulia, berilmu, profesional, religius, dan memiliki integritas serta kecintaan terhadap bangsa dan negara kesatuan republik indonesia. tujuan yang lebih rinci adalah sebagai berikut:
  1. mendidik tenaga kependidikan teknologi dan kejuruan untuk menghasilkan sarjana pendidikan teknologi dan kejuruan bidang teknik mesin (guru, ahli pendidikan, dan tenaga kependidikan teknologi lainnya) secara profesional dan berkontribusi bagi peningkatan mutu sumber daya manusia yang berwawasan global.
  2. mendidik tenaga ahli teknik secara profesional untuk menghasilkan sarjana pendidikan teknik mesin dan ahli madya teknik mesin yang diperlukan bagi pembangunan industri dan sektor-sektor pembangunan nasional lainnya yang relevan.
  3. melakukan penelitian dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan teknologi dan kejuruan serta bidang permesinan.
  4. membangun jaringan kerjasama kelembagaan dengan institusi pendidikan lain, pemerintah daerah, industri, dan dunia usaha dalam pengembangan pendidikan teknologi dan kejuruan serta rekayasa untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  5. mengembangkan pribadi-pribadi yang memiliki dasar jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) dalam bidang pendidikan teknologi dan kejuruan serta rekayasa yang dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi nasional.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 ASARI DJOHAR Dr M.Pd Drs S3
2 BAMBANG DARMAWAN Dr M.M. Drs S3
3 IWA KUNTADI Dr M.Pd Drs S3
4 WAHID MUNAWAR Dr M.Pd S.Pd S3
5 R AAM HAMDANI Dr M.T Drs S3
6 DEDI ROHENDI Dr M.T Drs S3
7 AGUS SOLEHUDIN Dr M.T Ir S3
8 IDA HAMIDAH Dr M.Si S.Pd S3
9 AGUS SETIAWAN Ph.D M.Si Drs S3
10 HAIPAN SALAM PhD M.Si S.Si S3
11 AAN SUKANDAR M.Pd Drs S2
12 UUM SUMIRAT M.Pd Drs S2
13 ENDA PERMANA M.Sc. Drs S2
14 ARIYANO M.T Drs S2
15 SRIYONO M.Pd S.Pd S2
16 INDRA MAMAD GANDIDI M.T S.T S2
17 ASEP HADIAN SASMITA M.Pd S.Pd S2
18 IBNU MUBARAK M.Pd S.Pd S2
19 MUHAMAD MARIS AL GIFARI M.T S.T S2
20 APRI WIYONO M.T S.Pd S2
No. Semester Banyak
1 Ganjil 2019 450
2 Genap 2018 91
3 Genap 2018 451
4 Ganjil 2018 499
5 Genap 2017 94
6 Genap 2017 433
7 Ganjil 2017 481
8 Genap 2016 43
9 Genap 2016 351
10 Ganjil 2016 556
11 Genap 2015 61
12 Genap 2015 491
13 Ganjil 2015 518
14 Genap 2014 170
15 Genap 2014 533
16 Ganjil 2014 673
17 Genap 2013 176
18 Genap 2013 713
19 Ganjil 2013 652
20 Genap 2012 170
21 Genap 2012 836
22 Ganjil 2012 898
23 Genap 2011 851
24 Ganjil 2011 945
25 Genap 2010 857
26 Ganjil 2010 870
27 Genap 2009 793
28 Ganjil 2009 768