PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 87201
Nama Program Studi : Pendidikan Sejarah
Tanggal Berdiri : 1 September 1954
SK Penyelenggaraan : 60/DIKTI/KEP/2007
Tanggal SK : 2007-04-02
Rasio Dosen : Mahasiswa : 1 : 55.9(2018/2019)
1 : 0(2019/2020)

Alamat : -
Kode Pos :
Telepon : 022-2013163
Faximile : 022-2004985
Email : jp_sejarah@upi.edu
Website : http://sejarah.upi.edu/

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : Jurusan pendidikan sejarah fpips upi menjadi lembaga akademik yang unggul dan pelopor dalam menghasilkan guru sejarah yang memiliki wawasan, sikap, prilaku dan keterampilan yang profesional serta mampu bersaing pada tingkat nasional dan internasional pada tahun 2020.
Misi :
  1. menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan pakar dan guru pendidikan sejarah yang profesional dan berkualitas keunggulan dan kepeloporan
  2. menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan teori dan metode pendidikan sejarah
  3. mengembangkan pelatihan bagi guru sejarah sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat, pemberian informasi kepada masyarakat berkenaan dengan berbagai hal tentang sejarah dan pendidikan sejarah, serta mengembangkan berbagai bentuk alat dan sumber pembelajaran sejarah
Kompetensi Program Studi : Lulusan program studi pendidikan sejarah   strata sarjana (s1) diharapkan mampu mencapai   kompetensi yang sesuai dengan kkni level 6 dengan kemampuan sebagai berikut:
  1. menguasai konsep dasar dan teori ilmu sejarah dengan mengikuti perkembangan ipteks.
  2. memahami perkembangan masyarakat melalui peristiwa-peristiwa sejarah, baik sejarah indonesia maupun sejarah kawasan.
  3. memahami kurikulum dan mengembangkan perencanaan pembelajaran sejarah.
  4. menguasai pendekatan, model, metode, dan strategi pembelajaran sejarah serta mempraktekkannya dalam proses pembelajaran.
  5. menyusun berbagai alat penilaian yang dikembangkan dalam pembelajaran sejarah.
  6. melakukan  penelitian sejarah dan pembelajaran sejarah untuk kepentingan pendidikan sejarah.
  7. mengkomunikasikan hasil kajian pembelajaran sejarah baik secara lisan maupun tertulis. melaksanakan tugas keprofesiannya dengan penuh tanggung jawab.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 SUWIRTA M.Hum Drs S2
2 AYI BUDI SANTOSA M.Si Drs S2
3 TARUNASENA M.Pd Drs S2
4 WAWAN DARMAWAN M.Hum S.Pd S2
5 WILDAN INSAN FAUZI M.Pd S.Pd S2
6 IING YULIANTI M.Pd S.Pd S2
7 LABIBATUSSOLIHAH M.Pd S.Pd S2
No. Semester Banyak
1 Ganjil 2019 389
2 Genap 2018 109
3 Genap 2018 368
4 Ganjil 2018 391
5 Genap 2017 126
6 Genap 2017 351
7 Ganjil 2017 394
8 Genap 2016 108
9 Genap 2016 200
10 Ganjil 2016 427
11 Genap 2015 125
12 Genap 2015 415
13 Ganjil 2015 484
14 Genap 2014 117
15 Genap 2014 461
16 Ganjil 2014 702
17 Genap 2013 77
18 Genap 2013 723
19 Ganjil 2013 622
20 Genap 2012 140
21 Genap 2012 818
22 Ganjil 2012 851
23 Genap 2011 788
24 Ganjil 2011 843
25 Genap 2010 785
26 Ganjil 2010 814
27 Genap 2009 726
28 Ganjil 2009 641