PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Institut Medika Drg. Suherman
Kode Program Studi : 13341
Nama Program Studi : Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Tanggal Berdiri : 5 Juli 2018
SK Penyelenggaraan : 543/KPT/I/2018
Tanggal SK : 2018-07-05
Rasio Dosen : Mahasiswa :

Alamat : Jl Raya Industri Pasir Gombong Jababeka
Kode Pos :
Telepon : (021) 89111110
Faximile : (021) 8905196
Email : info@imds.ac.id
Website : www.imds.ac.id

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : Visi dari program div keselamatan dan kesehatan kerja institut medika drg. suherman adalah menjadi program studi yang unggul dalam bidang keselamatan dan kesehatan kerja yang berbudi luhur, mempunyai intergritas dan berjiwa enterpreneur.
Misi : 1.  program studi div keselamatan dan kesehatan kerja menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran di bidang k3 yang berkualitas dan berbudi luhur sesuai dengan sistem yang terintegrasi.
2. program div keselamatan dan kesehatan kerja melakukan penelitian dan pengembangan keilmuan di bidang k3 dan higiene industri yang dapat bermanfaat bagi pengembangan keilmuan khususnya dibidang k3
3. program div keselamatan dan kesehatan kerja melakukan pengabdian masyarakat dengan menerapkan system manajemen keselamatan dan kesehatan kerja agar terbentuk budaya k3 sehingga dapat tercipta kehidupan masyarakat yang sehat dan selamat.
4.  program div keselamatan dan kesehatan kerja bertujuan menghasilkan lulusan yang unggul dibidang k3 pada umumnya dan secara khusus unggul dalam bidang higiene industri, ergonomi industri, k3 rumah sakit, keselamatan patient, manajemen limbah rumah sakit, dan manajemen tanggap darurat industri.
Kompetensi Program Studi : 1. kompetensi utama a.    mampu melakukan identifikasi bahaya, penilaian bahaya dan risiko dan memberikan rekomendasi pengendalian. b.    mampu melaksanakan riset k3 dalam penyelesaian masalah dan memberikan alternatif tindakan perbaikan di tempat kerja berdasarkan kajian dan teori bidang k3. c.    mampu merancang sistem kerja berdasarkan prinsip ergonomi melalui pengukuran dan penilaian antropometri, keluhan muskuloskeletal, kelelahan kerja dan analisis manual handling. d.    mampu mengkoordinir : 1)   penyusunan kebijakan, pedoman, program dan prosedur operasi standar (sop) k3 dan mensosialisasikan kepada karyawan di tempat kerja. 2)   upaya pencegahan dan penanggulangan bencana sesuai dengan prosedur tanggap darurat, dan 3)   penerapan house keeping di tempat kerja. e.    mampu melakukan kegiatan inspeksi kondisi dan tindakan tidak aman di tempat kerja dan dapat memberikan alternatif penyelesaian masalah serta mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis secara mandiri. f.     mampu melakukan kegiatan investigasi kecelakaan kerja pada suatu kasus kecelakaan kerja dengan menggunakan metode yang sesuai. g.    mampu melaksanakan kegiatan audit internal sistem manajemen k3 di tempat kerja. h.    mampu menerapkan budaya dan regulasi k3 di berbagai tempat kerja dan menganalisis penerapannya. i.      mampu memiliki ide kreatif dan inovatif dalam mengembangkan wirausaha. j.      mampu melakukan pengelolaan lingkungan di tempat kerja sesuai dengan standar nasional dan internasional. k.    mampu melaksanakan sistem dokumentasi (document control). 2. kompetensi pendukung a.    menerapkan pemikian logis, kritis,dan inovatif dalam malakukan jenis pekerjaan spesifik, di bidang keahliannya, dengan mutu dan kuantitas yang dapat diukur dengan standar kompetensi kerja yang diberlakukan. b.    mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan,teknologi atau seni sesuai dengan bidang keahliannya untuk menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni serta menyusun hasil kajiannya dalambentuk kertas kerja, sepesifikasi desain atau esai seni. c.    mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain serta persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya; d.    mengelola pembelajaran secara mandiri. mengembangkan dan memelihara jaringan kerjasama dan hasil kerjasama didalam maupun di luar lembaganya.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 RINI PUSPITA DEWI M.P.H S.KM S2
2 YASMIN DARMIN M.Kes S.KM S2
3 EDY TAQUADIKA HARDANI MKKK S.KM S2
4 EDWINA RUDYARTI M.Sc. S.Si S2
5 AGUNG SUPRIYADI MKKK S.KM S2
No. Semester Banyak
1 Ganjil 2019 8
2 Genap 2018 2
3 Ganjil 2018 2