PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Tutup
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 86112
Nama Program Studi : Ilmu Pendidikan Guru
Tanggal Berdiri : 6 November 2012
SK Penyelenggaraan : 8016/UN40.R1/KL/2018
Tanggal SK : 2018-07-19
Rasio Dosen : Mahasiswa :

Alamat : -
Kode Pos :
Telepon : (022)2001197
Faximile : (022)2005090
Email : pascasarjana@upi.edu
Website :

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : Program studi ilmu pendidikan guru pada kurun waktu lima tahun mendatang akan menjadi pusat keunggulan dalam upaya menghasilkan ilmu, pakar, pengembang, dan pengelola ilmu dan program pendidikan guru di indonesia, serta menjadi pelopor pembaharuan dan inovasi dalam bidang ilmu dan program pendidikan guru yang bermutu dan akuntabel.
Misi :
  1. menyelenggarakan pendidikan magister dalam bidang ilmu pendidikan guru melalui penelitian dan kajian akademik secara mendalam tentang pendidikan guru, selaras dengan perkembangan ilmu, kemajuan teknologi, dan kemekaran seni, baik dalam perspektif universal maupun nasional.
  2. menghasilkan cendekiawan (ahli ilmu) yang cerdas, mulia, dan giat dalam kepeloporan dan pembaharuan gagasan pembelajaran yang mendidik, serta mampu menjalin komunikasi   menghasilkan penelitian dalam keguruan, terutama gagasan pembelajaran yang mendidik akademis pada tataran nasional dan internasional.
  3. menghasilkan penelitian dalam keguruan, terutama gagasan pembelajaran yang mendidik dan bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia.
  4. mengembangkan keunggulan di bidang ilmu pendidikan guru secara lintas disiplin.
  5. menyelenggarakan pelatihan dan layanan konsultasi di bidang pengembangan ilmu dan program pendidikan guru.
Kompetensi Program Studi :
  1. mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang pendidikan atau profesinya melalui riset, hingga menghasilkan karya yang inovatif dan teruji.
  2. mampu menganalisis dan menyintesiskan berbagai pendekatan, metode, dan strategi pembelajaran untuk meningkatkan mutu dan hasil pembelajaran serta memaksimalkan potensi peserta didik.
  3. mampu menganalisis dan menyintesiskan berbagai model kurikulum, program pembelajaran, dan evaluasi.
  4. mampu menularkan pengetahuan, keterampilan, dan keahliannya berlandaskan nilai-nilai kependidikan.
  5. mampu mengatasi masalah sains, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang pendidikan melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  6. mampu mengelola riset, menganalisis, dan menyintesiskan masalah-masalah pendidikan guna memberikan solusi dan meningkatkan mutu proses dan hasil belajar peserta didik.
  7. mampu bekerja sama dan menyesuaikan diri dengan individu, kelompok, masyarakat, lingkungan pekerjaan, dan situasi baru yang dihadapinya.
  8. mampu mempublikasikan gagasan dan hasil penelitiannya yang berkaitan dengan bidang pendidikan  bagi kepentingan ilmu pengetahuan dan kebutuhan masyarakat.
  9. secara khusus, profil lulusan program studi ilmu pendidikan guru yaitu sebagai berikut.
  10. ahli pengelola pada lembaga pendidikan guru dengan cakupan kinerja merancang, mengelola, mengases dan mengembangkan.
  11. ahli trainer (tot) mengenai pendidikan guru dengan cakupan kinerja konsultan, peneliti dan penilai.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
Data tidak ditemukan
No. Semester Banyak
1 Genap 2017 1
2 Ganjil 2016 1
3 Genap 2015 1
4 Ganjil 2015 1
5 Genap 2014 1
6 Ganjil 2014 1