PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 86281
Nama Program Studi : PGPAUD Kampus Purwakarta
Tanggal Berdiri : 10 Desember 2013
SK Penyelenggaraan : 6952/UN40/HK/2013
Tanggal SK : 2013-12-10
Rasio Dosen : Mahasiswa :

Alamat :
Kode Pos :
Telepon : (0264) 200395
Faximile : (0264) 200395
Email : kampus_purwakarta@upi.edu
Website : http://kd-purwakarta.upi.edu/

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : Menjadi program studi pelopor dan unggul dalam penyiapan tenaga ahli dan praktisi (guru) pendidikan anak usia dini berstandar internasional tahun di tahun 2025??
Misi :
  1. menyelenggarakan pendidikan untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia (sdm), tenaga ahli dan praktisi guru paud
  2. melaksanakan penelitian untuk mengembangkan ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan pendidikan guru paud.
  3. melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan dan layanan dalam bidang ke-paudan
Kompetensi Program Studi : lulusan program studi  pendidikan guru pendidikan anak usi dini   strata sarjana (s1) diharapkan mampu mencapai   kompetensi yang sesuai dengan kkni level 6 dengan kemampuan sebagai berikut:
  1. memiliki kecakapan dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan profesional berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data, serta dapat memilih berbagai solusi alternatif secara mandiri dan kelompok dalam memecahkan persoalan pembelajaran dan layanan perkembangan peserta didik yang dihadapinya sesuai dengan konteksnya untuk memperoleh hasil pembelajaran terbaik dan pengembangan peserta didik yang optimal.
  2. mengusai dasar  ilmu kependidikan sebagai landasan dalam melaksanakan praktek pendidikan; menguasai teori, prinsip, dan prosedur dalam merancang program pembelajaran yang mendidik  dan memaksimalkan potensi peserta didik yang  bervariasi.
  3. menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan alat penilaian untuk memperbaiki proses dan  hasil belajar peserta didik usia dini yang membantu perkembangan potensinya.menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan alat penilaian untuk memperbaiki proses dan  hasil belajar peserta didik usia dini yang membantu perkembangan potensinya.
  4. memahami karakteristik dan potensi peserta didik usia dini dan mampu  memfasilitasi perkembangan potensi yang bervariasi secara berkesinambungan.
  5. mengelola pembelajaran di kelas dan perubahan kultur kelas serta sekolah untuk membangun dan mengembangkan proses dan hasil pembelajaran peserta didik usia dini yang memiliki multi kemampuan dan makna dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
  6. membina sikap, memberi keteladanan, meningkatkan keterampilan, dan mengembangkan potensi peserta didik  usia dini secara berkesinambungan.
  7. beradaptasi dengan  lingkungan kerja, kelas, sekolah dan  masyarakat tempat  bekerja.
  8. menguasai pendekatan dan metode penelitian yang dapat digunakan untuk memperbaiki pembelajaran.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 SUCI UTAMI PUTRI Dr M.Pd S.Pd S3
2 IDAT MUQODAS Dr. M.Pd S.Pd S3
3 NAHROWI ADJIE M.Pd S.Pd Drs S2
4 FINITA DEWI M.A. S.S. S2
5 HAYANI WULANDARI M.Pd S.Pd S2
6 JOJOR RENTA MARANATHA M.Pd S.Pd S2
No. Semester Banyak
1 Ganjil 2020 265
2 Genap 2019 220
3 Ganjil 2019 184
4 Genap 2018 237
5 Ganjil 2018 245
6 Genap 2017 228
7 Ganjil 2017 231
8 Genap 2016 168
9 Ganjil 2016 174
10 Genap 2015 109
11 Ganjil 2015 112
12 Genap 2014 27
13 Ganjil 2014 57