PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Muhammadiyah Pontianak
Kode Program Studi : 86207
Nama Program Studi : Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Tanggal Berdiri : 28 September 2007
SK Penyelenggaraan : 3475/D/T/K-XI/2009
Tanggal SK : 2009-09-28
Rasio Dosen : Mahasiswa :

Alamat : -
Kode Pos :
Telepon : 0561764571
Faximile : 0561 764571
Email : pgpaudunmuhpnk@gmail.com
Website : http://fkip.unmuhpnk.ac.id/beranda

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi :

pada tahun 2021 menjadi fakultas yang terkemuka di kalimantan dalam pengembangan ipteks di bidang pendidikan yang berdasarkan nilai-nilai keislaman

Misi :
  1. menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran untuk menghasilkan  tenaga   pendidik yang profesional dan islami
  2. melaksanakan penelitian untuk pengembangan ipteks di bidang pendidikan
  3. melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk kemaslahatan umat.
  4. menjalin kerjasama dengan pihak lainuntuk pengembangan bidang pendidikan.
  5. menjadikan fkip sebagai pusat gerakan dakwah islam.
Kompetensi Program Studi :

1.     penguasaan bidang pengembangan

a. menguasai substansi bidang pengembangan peserta didik paud

b. menguasai konsep dasar bidang studi sebagai alat pengembangan bidang perkembangan peserta didik paud

c. menguasai konsep dasar pengembangan kurikulum pendidikan paud

d. mampu menyesuaikan substansi bidang pengembanan dengan perkembangan peserta didik.paud


2.     pemahaman tentang peserta didik

a. mampu mengenali perkembangan peserta didik paud

b. mampu mengidentifikasi kebutuhan dan permasalahan peserta didik paud

c. mampu mengidentifikasi potensi peserta didik paud

d. mampu mengenali dan mamanfaapaudan lingkungan peserta didik paud

e. mampu mengenali cara dan gaya belajar peserta didik paud


3.     penguasaan pembelajaran yang mendidik

a. menguasai wawasan pendidikan dan pemberlajaran peserta didik paud

b. mampu merencanakan kegiatan pembelajaran bidang-bidang pengembangan secara terpadu

c. menguasai pendekatan, metode dan media pengembangan bidang perkembangan peserta didik paud

d. mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran yang mendidik peserta didik paud

e. menguasai evalusi proses dan hasil belajar peserta didik paud

f. mampu memberikan layanan bimbingan belajar peserta didik paud

g. mampu melaksanakan administrasi pembelajaran paud


4.     pengembangan kerpibadian dan keprofesionalan

a. bersikap dan berprilaku sesuai dengan nilai-nilai agama dan budaya bangsa sebagai guru paud

b. bersikap dan berprilaku empati terhadap peserta didik paud

c. mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja dan masyarakat

d. mampu bekerja mandiri dan bekerja sama dengan komunitas paud, orang tua dan masyarakat

e. mampu menilai kinerjanya sendiri

f. mampu mencari sumber-sumber baru dalam bidang profesi

g. memiliki komitmen terhadap profesi dan tugas profesional

h. mampu berkomunikasi dengan teman sejawat dan peserta didik paud


5.     pengembangan keilmuan

a. mampu berfikir logis, sistematis dan kritis terhadap fenomena kehidupan manusia serta mencari alternatif solusi pemecahan masalah secara kreatif dan inovatif.

b. memiliki kompetensi dalam melakukan praktek mengajar dan pengelolaan kependidikan baik bersifat eksploratif maupun laboratoris terhadap masalah pendidikan serta mampu mengkomunikasikan baik secara lisan maupun tulisan

c. mampu menulis karya ilmiah

d. mampu melakukan riset dibidang pendidikan.


Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 HERAWATI Dr Dr M.Si Dra S3
2 FIRDAUS ZAR'IN Dr M.Si S.Pd S3
3 H. SUTRISNO, S.PD., S.H., M.SI. M.Si S.H. S.Pd S2
4 SUDARTI M.Pd S.Pd S2
5 IIN MAULINA M.Pd S.Pd S2
6 YUNIARTI M.Pd S.Pd S.Pd S2
7 DIANA M.Pd S.Pd.I S2
8 YUNIARTI M.Pd S.Pd S2
No. Semester Banyak
1 Ganjil 2019 239
2 Genap 2018 223
3 Ganjil 2018 231
4 Genap 2017 202
5 Ganjil 2017 240
6 Genap 2016 202
7 Ganjil 2016 244
8 Genap 2015 211
9 Ganjil 2015 287
10 Genap 2014 237
11 Ganjil 2014 295
12 Genap 2013 265
13 Ganjil 2013 374
14 Genap 2012 321
15 Ganjil 2012 280
16 Genap 2011 328
17 Ganjil 2011 326
18 Genap 2010 362
19 Ganjil 2010 381
20 Genap 2009 347
21 Ganjil 2009 346