PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 86203
Nama Program Studi : Teknologi Pendidikan
Tanggal Berdiri : 20 Maret 1983
SK Penyelenggaraan : 60/DIKTI/KEP/2007
Tanggal SK : 2007-04-02
Rasio Dosen : Mahasiswa :

Alamat : -
Kode Pos :
Telepon : 022-2000021 ext.3683
Faximile : 022-2000021
Email : proditekpend_fip@upi.edu
Website : http://kurtek.upi.edu/

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : Menjadi program studi pelopor dan unggul dalam pengembangan keilmuan teknologi pendidikan dan penyiapan teknolog pendidikan, tenaga pendidik, dan kependidikan lain yang menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi belajar, pembelajaran, dan memecahkan masalah-masalah belajar dan pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah.  
Misi :
  1. menyelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan tenaga pendidik dan kependidikan bidang teknologi pendidikan;
  2. menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu dan untuk keperluan praktik teknologi pendidikan yang lebih efektif;
  3. menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan serta konsultasi tenatang pengembangan kurikulum, pengembangan teknologi pembelajaran dan berbagai strategi maupun model pembelajaran yang inovatif;
  4. mengembangkan kolaborasi dan jejaring dengan berbagai pihak (dalam dan luar negeri) dalam rangka meningkatkan kinerja pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat;
  5. mengembangkan masyarakat dan komunikasi keilmuan dalam bidang teknologi pendidikan didalamnya mencakup pengembangan kurikulum.  
Kompetensi Program Studi : lulusan program studi teknologi pendidikan   strata sarjana (s1) diharapkan mampu mencapai   kompetensi yang sesuai dengan kkni level 6 dengan kemampuan sebagai berikut:  
  1. memiliki kecakapan dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan profesional berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data, serta dapat memilih berbagai solusi alternatif secara mandiri dan kelompok dalam memecahkan persoalan pembelajaran dan layanan perkembangan peserta didik yang dihadapinya sesuai dengan konteksnya untuk memperoleh hasil pembelajaran terbaik dan pengembangan peserta didik yang optimal. 
  2. menguasai pengetahuan teoritis dan praktis dalam merancang, mengembangkan, mengelola dan menilai program, proses dan produk pendidikan/ pembeiajaran dalam melaksanakan tugas sebagai teknolog pendidikan/pembelajaran pada berbagai jalur, jenis, dan jenjang serta bentuk pendidikan.
  3. mampu meneliti dan menggunakan hasil penelitian dalam bidang pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan/ pembelajaran, dan perpustakaan dan informasi
  4. menguasai pengetahuan teoritis dan praktis dalam merancang, melaksanakan, menyajikan dan mendesiminasikan penelitian bidang keilmuan teknologi pendidikan/pembelajaran, kurikulum, dan tik.
  5. menguasai pengetahuan teoritis dan praktis dalam melaksanakan pembelajaran sebagai guru, instruktur, fasilitator, tutor, widyaiswara, & pelatih dalam bidang keilmuan kurikulum, pembelajaran, dan tik.
  6. merancang, mengembangkan, mengelola dan menilai program, proses dan produk pendidikan/pembeiajaran dalam melaksanakan tugas sebagai teknolog pendidikan/pembelajaran pada berbagai jalur, jenis, dan jenjang serta bentuk pendidikan.
  7. merancang, mengembangkan, mengelola, dan menilai kurikulum dalam pelaksanaan tugas sebagai perekayasa kurikulum pada berbagai jalur, jenis, dan jenjang serta bentuk pendidikan.
  8. melaksanakan pembelajaran sebagai guru, instruktur, fasilitator, tutor, widyaiswara, & pelatih dalam bidang keilmuan kurikulum, pembelajaran, dan tik.
  9. menunjukkan integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat dan menampilkan kinerja berkualitas.
  10. memiliki etika, estetika, sikap apresiatif, partisipatif, kreatif, inovatif, dan  produktif serta bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas sebagai teknolog pendidikan/pembelajaran, perekayasa kurikulum, peneliti, dan pengajar (guru, instruktur, fasilitator, tutor, widyaiswara, dan pelatih) dalam bidang keilmuan teknologi pendidikan/pembelajaran, kurikulum dan tik.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 DENI DARMAWAN Dr M.Si S.Pd S3
2 LAKSMI DEWI Dr M.Pd S.Pd S3
3 DIDI SUPRIADIE M.Pd Drs S2
4 MUTHIA ALINAWATI M.Pd Dra S2
5 TOTO FATHONI Drs S2
6 ASRA M.Ed Drs S2
7 ELLINA RIENOVITA M.T S2
8 R NADIA HANOUM M.Pd S.Pd S2
No. Semester Banyak
1 Ganjil 2019 297
2 Genap 2018 268
3 Ganjil 2018 292
4 Genap 2017 233
5 Ganjil 2017 277
6 Genap 2016 85
7 Genap 2016 46
8 Ganjil 2016 318
9 Genap 2015 73
10 Genap 2015 295
11 Ganjil 2015 334
12 Genap 2014 99
13 Genap 2014 315
14 Ganjil 2014 579
15 Genap 2013 638
16 Ganjil 2013 566
17 Genap 2012 658
18 Ganjil 2012 684
19 Genap 2011 619
20 Ganjil 2011 675
21 Genap 2010 610
22 Ganjil 2010 608
23 Genap 2009 548
24 Ganjil 2009 452