PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 86004
Nama Program Studi : Administrasi Pendidikan
Tanggal Berdiri : 1 September 1998
SK Penyelenggaraan : 588/DIKTI/KEP/1993
Tanggal SK : 1993-10-21
Rasio Dosen : Mahasiswa :

Alamat : -
Kode Pos :
Telepon : 022-2001197
Faximile : 022-2001197
Email : pps_adpend@upi.edu
Website : http://sps.upi.edu/

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : Program studi administrasi pendidikan memiliki visi untuk menjadi salah satu pusat keunggulan (centre of excellence) bidang kajian administrasi dan atau manajemen pendidikan, kebijakan dan kepemimpinan pendidikan yang inovatif dan transformatif, berakhlaq mulia, serta sesuai dengan kebutuhan lokal, nasional dan global yang secara signifikan mampu mendorong peningkatan kinerja sistem pendidikan nasional yang unggul dan kompetitif.



Misi :
  1. memperluas, mempertajam, dan memperdalam kemampuan menerapkan konseptual-teoritis administrasi/manajemen pendidikan sebagai alat deskripsi analisis prediksi pengembangan suatu pendidikan.
  2. memperluas, mempertajam, dan memperdalam kemampuan menerapkan konsep/teori bidang administrasi/manajemen pendidikan sebagai alat untuk memecahkan masalah empiris dibidang penyelenggaraan pendidikan.
  3. mengembangkan kemampuan untuk menemukan gagasan, konsep, dan metode baru dalam bidang administrasi/manajemen pendidikan yang mendukung kebutuhan lapangan untuk mewujudkan sistem pendidikan yang bermutu tinggi.
Kompetensi Program Studi :
  1. mampu menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang kebijakan, kepemimpinan, dan manajemen pendidikan nasional pada berbagai tingkat dan jenjang sistem pendidikan nasional secara mandiri.
  2. mampu melaksanakan dan atau memanfaatkan temuan baru/karya baru dalam bidang kebijakan, kepemimpinan, dan manajemen pendidikan nasional pada berbagai tingkat dan jenjang sistem pendidikan nasional secara efektif dan efisien.
  3. mampu menerapkan strategi baru atau model baru dalam mengelola pembelajaran bidang kebijakan, kepemimpinan, dan manajemen pendidikan pada level pendidikan tinggi.
  4. mampu merancang dan mengembangkan model baru atau strategi baru yang inovatif  dalam bidang kebijakan, kepemimpinan, dan manajemen pendidikan yang lebih efektif dan efisien.
  5. mampu memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan atau transdisiplin.
  6. mampu memberikan advokasi kepada masyarakat dalam bidang kebijakan, kepemimpinan, dan manajemen  pendidikan yang inovatif dan unggul sesuai dengan kebutuhan dan konteks masyarakat.
  7. mampu melaksanakan, mengelola, dan memimipin penelitian yang berkualitas dalam bidang kebijakan, kepemimpinan, dan manajemen pendidikan dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan atau transdisiplin untuk menghasilkan karya inovatif dan unggul.
  8. mampu menulis, mempresentasikan dan mempublikasikan temuan penelitian dan atau pengembangan bidang kebijakan, kepemimpinan, dan manajemen pendidikan untuk mendapatkan pengakuan nasional dan internasional.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 MOHAMMAD FAKRY GAFFAR Drs S3
2 ABDUL AZIS WAHAB Dr Drs S3
3 DADANG SUHARDAN Dr M.Pd Drs S3
4 DJAMAN SATORI Dr M.A. Drs S3
5 SUROSO ADI YUDIANTO Dr M.Pd Drs S3
6 JOHAR PERMANA Dr M.A. Drs S3
7 ENDANG HERAWAN Dr M.Pd Drs S3
8 AAN KOMARIAH Dr M.Pd S.Pd S3
9 ASEP SURYANA Dr M.Pd S.Pd S3
10 NUR AEDI Dr M.Pd S.Pd S3
No. Semester Banyak
1 Ganjil 2019 75
2 Genap 2018 58
3 Ganjil 2018 67
4 Genap 2017 48
5 Ganjil 2017 48
6 Genap 2016 15
7 Ganjil 2016 62
8 Genap 2015 69
9 Ganjil 2015 85
10 Genap 2014 119
11 Ganjil 2014 150
12 Genap 2013 193
13 Ganjil 2013 114
14 Genap 2012 437
15 Ganjil 2012 480
16 Genap 2011 470
17 Ganjil 2011 497
18 Genap 2010 486
19 Ganjil 2010 487
20 Genap 2009 426
21 Ganjil 2009 387