PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 86284
Nama Program Studi : PGSD Kampus Cibiru
Tanggal Berdiri : 13 April 2006
SK Penyelenggaraan : 2141/J33/PP.03.02/2006
Tanggal SK : 2013-04-13
Rasio Dosen : Mahasiswa : 1 : 42.2(2018/2019)
1 : 0.1(2019/2020)

Alamat :
Kode Pos :
Telepon : 022-7801840
Faximile : 022-7830426
Email : pgsd_cibiru@upi.edu
Website : kd-cibiru.upi.edu

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : program studi pgsd upi kampus cibiru sebagai program studi pelopor dan unggul dalam bidang pendidikan dasar pada tataran nasional, regional (asia), dan internasional.  
Misi :
  1. melaksanakan program pendidikan di bidang pendidikan dasar yang berdaya saing tinggi dan berorientasi pada usaha memecahkan masalah pendidikan secara nasional.
  2. melaksanakan penelitian yang memfokuskan diri pada usaha pengembangan keilmuan pendidikan dasar yang berkualitas dan unggul.
  3. melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang memfokuskan diri pada usaha pengembangan keilmuan pendidikan dasar guna tercapainya kemajuan pendidikan dasar di indonesia.
  4. menghasilkan sumber daya manusia pendidikan dasar yang profesional melalui pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  5. menjalin kerja sama dan jejaring kemitraan dengan lembaga lain, baik secara horizontal maupun vertikal dalam lingkup nasional, regional (asia) dan internasional.
  6. mengembangkan teori pendidikan yang inovatif dan aplikatif untuk dijadikan landasan bagi penetapan kebijakan pendidikan nasional, regional (asia), dan internasional.  
Kompetensi Program Studi :
  1. lulusan program studi pendidikan guru sekolah dasar upi kampus cibiru diharapkan mampu menguasai kompetensi yang sesuai dengan kkni level 6 dengan kemampuan sebagai berikut.
  2. memiliki kecakapan dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan profesional berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data, serta dapat memilih berbagai solusi alternatif secara mandiri dan kelompok dalam memecahkan persoalan pembelajaran dan layanan perkembangan peserta didik yang dihadapinya sesuai dengan konteksnya untuk memperoleh hasil pembelajaran terbaik dan pengembangan peserta didik yang optimal
  3. menguasai pengetahuan tentang agama, pancasila, kewarganegaraan, bahasa dan budaya daerah/ lokal, bahasa dan budaya indonesia, bahasa dan budaya global, dan karakter bangsa indonesia.
  4. menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  5. menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar meliputi perkembangan fisik, psikologis, sosial dan moral.
  6. menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya pada bidang studi di sekolah dasar.
  7. menguasai dan melaksanakan evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar.
  8. menguasai prinsip-prinsip dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar  dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasil penelitian dan karyanya.
  9. mendiseminasikan gagasan-gagasan inovatif untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar baik pada tingkat daerah maupun tingkat nasional.
  10. melakukan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk memfasilitasi perkembangan optimal siswa dan memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku dalam pembelajaran.
  11. menguasai perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
  12. memiliki kepribadian guru indonesia (sabar, tanggung jawab, etos kerja, peduli, jujur, berakhlak mulia,  inovatif, kreatif) dan  memiliki kebiasaan belajar serta menjadi teladan bagi peserta didik sekolah dasar dan masyarakat.
  13. bertanggung jawab terhadap tugas sebagai pendidik di sekolah dasar baik secara individual maupun secara kooperatif dan kolaboratif.  
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 PRIHANTINI Dr M.Pd Dra S3
2 YENI YUNIARTI Dr. M.Pd Dra S3
3 TITA MULYATI Dr M.Pd S.Pd S3
4 TITING ROHAYATI M.Pd Dra S2
5 ETTY ROHAYATI M.Hum Dra S2
6 NONO HARSONO SUNARIA M.Si Drs S2
7 NINA SUNDARI M.Pd Dra S2
8 D.SYAHRUDDIN M.Pd Drs S2
9 DUDUNG PRIATNA M.Pd Drs S2
10 UMAR M.Pd Drs S2
11 TIN RUSTINI M.Pd Dra S2
12 KOMARIAH M.Pd Dra S2
13 R DETI ROSTIKA M.Pd Dra S2
14 ARDIYANTO M.Sn S.Pd S2
15 WINTI ANANTHIA M.Ed S.Pd S2
16 NOVI YANTHI M.Pd S.Si S2
17 HANA YUNANSAH M.Pd S.Si S2
18 M RIDWAN SUTISNA M.Pd S.Pd S2
19 NURUL HIDAYAH M.Pd S.Pd S2
20 TRIANA LESTARI M.Pd S.Psi S2
No. Semester Banyak
1 Ganjil 2019 1
2 Genap 2018 816
3 Ganjil 2018 843
4 Genap 2017 669
5 Ganjil 2017 683
6 Genap 2016 443
7 Ganjil 2016 897
8 Genap 2015 823
9 Ganjil 2015 841
10 Genap 2014 305
11 Ganjil 2014 896
12 Genap 2013 2784
13 Ganjil 2013 2401
14 Genap 2012 1763
15 Ganjil 2012 1816
16 Genap 2011 2016
17 Ganjil 2011 1904
18 Genap 2010 1902
19 Ganjil 2010 2177
20 Genap 2009 1896
21 Ganjil 2009 1327