PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 25201
Nama Program Studi : Sains Informasi Geografi
Tanggal Berdiri : 23 Februari 2018
SK Penyelenggaraan : 1665/UN40/HK/2018
Tanggal SK : 2018-02-23
Rasio Dosen : Mahasiswa : 1 : 11.8(2018/2019)
1 : 0(2019/2020)

Alamat :
Kode Pos :
Telepon : (022)2013163-2013164
Faximile : (022)2001014
Email : saig_fpips@upi.edu
Website : www.saig.upi.edu

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : menjadi program studi pelopor dan unggul dalam bidang sains informasi geografi di indonesia pada tahun 2028
Misi :
  • menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana sains informasi geografi dan membekali kompetensi lulusan agar profesional dalam bidang sains informasi geografi yang   berakhlak mulia dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa.
  • melakukan penelitian dalam pengembangan keilmuan sains informasi geografi untuk mendukung ketercapaian kompetensi lulusan, ketercapaian visi program studi, fakultas, universitas, dan tujuan pendidikan nasional.
  • melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mendiseminasikan, mensosialisasikan dan menerapkan hasil penelitian dalam bidang sains informasi geografi sesuai dengan perkembangan masyarakat, ilmu pengetahuan, seni, dan teknologi,
  • membangun jejaring kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan dalam bidang sains informasi geografi baik di dalam negeri maupun luar negeri.
Kompetensi Program Studi :
  • survey pemetaan wilayah bertujuan untuk memberikan kompetensi mahasiswa bagaimana cara memperoleh (akuisisi) data dan informasi geografis secara langsung di lapangan dengan menggunakan alat pengukuran dan survey (teodolit, electronic total station, global positioning system, pedoman wawancara, angket, dan pedoman cek lapangan). 
  • kartografi bertujuan memberikan kompetensi mahasiswa bagaimana cara membuat peta yang baik dan benar sesuai kaidah kartografi sehingga informasi yang terdapat didalam peta mudah difahami oleh pembaca peta. 
  • penginderaan jauh bertujuan memberikan kompetensi mahasiswa bagaimana cara memperoleh data dan informasi geografi dengan menggunakan teknologi penginderaan jauh seperti pesawat terbang, unmanned aerial vechicle (uav); drone untuk menghasilkan foto udara, dan satelit penginderaan jauh untuk menghasilkan citra penginderaan jauh. 
  • sistem informasi geografi bertujuan memberikan kompetensi mahasiswa mengolah data dan informasi geografi dari berbagai sumber (survey pemetaan wilayah, penginderaan jauh, data statistik, peta sekunder) dengan menggunakan analisis pemodelan spasial untuk menghasilkan informasi baru yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan seperti pengembangan wilayah dan mitigasi bencana alam.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 LILI SOMANTRI Dr M.Si S.Pd S3
2 SITI HAMIDAH M.Pd S.Pd S2
3 SHAFIRA HIMAYAH M.Sc. S.Pd A.Md S2
4 RIKI RIDWANA M.Sc. S.Pd S2
5 MUHAMMAD IHSAN S.T S.T S2
6 ASRI RIA AFFRIANI M.Eng S.T S2
No. Semester Banyak
1 Genap 2018 68
2 Ganjil 2018 71