PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 87204
Nama Program Studi : Pendidikan Sosiologi
Tanggal Berdiri : 29 Juli 2009
SK Penyelenggaraan : 5346/H40/KL/2009
Tanggal SK : 2009-07-29
Rasio Dosen : Mahasiswa : 1 : 56.3(2018/2019)
1 : 0(2019/2020)

Alamat : -
Kode Pos :
Telepon : (022) 201363
Faximile :
Email : upi.sosiologi@yahoo.com
Website : http://sosiologi.upi.edu/

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : Menjadi program studi yang memiliki keunggulan di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian berbasis kearifan lokal, nasional, dan berdaya saing global tahun 2020.
Misi :
  1. menyelenggarakan pendidikan disiplin sosiologi untuk menghasilkan calon pendidik sosiologi, dan peneliti yang profesional;
  2. melaksanakan penelitian dan pengabdian yang sesuai dengan karakteristik program studi pendidikan sosiologi;
  3. menyediakan pelayanan yang bermutu dalam pemberian informasi, konsultasi, dan kerjasama di bidang pendidikan sosiologi;
  4. menghasilkan produk-produk kependidikan untuk kepentingan pembelajaran pendidikan sosiologi dan menerbitkan hasil karya intelektual dalam bentuk buku, artikel, makalah, dan hasil riset pendidikan sosiologi.
Kompetensi Program Studi : Lulusan program studi pendidikan sosiologi   strata sarjana (s1) diharapkan mampu mencapai   kompetensi yang sesuai dengan kkni level 6 dengan kemampuan sebagai berikut:
  1. memiliki kecakapan dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan profesional berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data, serta dapat memilih berbagai solusi alternatif secara mandiri dan kelompok dalam memecahkan persoalan pembelajaran dan layanan perkembangan peserta didik yang dihadapinya sesuai dengan konteksnya untuk memperoleh hasil pembelajaran terbaik dan pengembangan peserta didik yang optimal.
  2. menguasai konsep - konsep dasar dan teori - teori sosiologi serta cabang - cabang sosiologi sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni (ipteks) untuk pembelajaran sosiologi.
  3. menguasai dan memahami karakteristik peserta didik, kurikulum dan rancangan pembelajaran, metode dan strategi pembelajaran serta penilaian pembelajaran yang relevan dengan peserta didik dalam pembelajaran sosiologi.
  4. menerapkan rancangan pembelajaran, metode dan strategi serta penilaian pembelajaran sosiologi yang relevan dengan karakteristik peserta didik di kelas.
  5. mampu menera[kan metodologi penelitian yang tepat untuk melakukan penelitian yang berkontribusi dalam pengembangan pendidikan sosiologi.
  6. mampu memecahkan permasalahan sosial dengan menggunakan pendekatan sosiologi dalam pembelajaran sosiologi.
  7. mampu mengkomunikasikan hasil - hasil kajian dan penelitian dalam belajar dan pembelajaran sosiologi secara efektif dalam bentuk artikel ilmiah dan skripsi.
  8. memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan tugas pembelajaran dan tugas terkait profesinya.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 MAFTUHIN M.Si Drs S2
2 WAHYU M.Pd Drs S2
3 MIRNA NUR ALIA ABDULLAH M.Si S.Sos S2
4 RIKA SARTIKA M.Pd S.Pd S2
5 ASEP DAHLIYANA M.Pd S.Pd S2
6 FAJAR NUGRAHA ASYAHIDDA M.Pd S.Pd S2
7 NINDITA FAJRIA UTAMI M.Pd S.Pd S2
No. Semester Banyak
1 Ganjil 2019 380
2 Genap 2018 364
3 Ganjil 2018 394
4 Genap 2017 362
5 Ganjil 2017 389
6 Genap 2016 219
7 Ganjil 2016 410
8 Genap 2015 91
9 Genap 2015 390
10 Ganjil 2015 430
11 Genap 2014 86
12 Genap 2014 394
13 Ganjil 2014 448
14 Genap 2013 88
15 Genap 2013 376
16 Ganjil 2013 374
17 Genap 2012 94
18 Genap 2012 286
19 Ganjil 2012 286
20 Genap 2011 205
21 Ganjil 2011 205
22 Genap 2010 105
23 Ganjil 2010 104
24 Genap 2009 1