PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 86110
Nama Program Studi : Pedagogik
Tanggal Berdiri : 6 November 2012
SK Penyelenggaraan : 6940/UN40/DT/2012
Tanggal SK : 2012-11-06
Rasio Dosen : Mahasiswa : 1 : 6.8(2018/2019)
1 : 0(2019/2020)

Alamat : -
Kode Pos :
Telepon : (022) 200197
Faximile : (022) 2005090
Email : sps@upi.edu
Website :

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : Pada tahun 2020 program studi pedagogik menjadi program studi unggulan dalam pengembangan  ilmu pendidikan baik teori maupun praktik pendidikan yang melandasi pendidikan kependidikan berbasis pada nilai-nilai yang relevan dengan landasan filsafat pendidikan pancasila.
Misi : Untuk merealisasikan visi tersebut di atas, prodi pedagogik memiliki misi sebagai berikut:
  1. dalam jangka pendek (2015), prodi pedagogik menyelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan tenaga ahli pendidikan, dan pada tahun ketiga menghasilkan tenaga kependidikan yang professional dari tingkat usia dini, dasar, menengah dan pendidikan tinggi bersama jurusan/prodi lain yang selaras,
  2. pada jangka menengah (2018), prodi pedagogik berupaya mengembangkan keilmuan pendidikan pada umumnya dan pedagogik pada khususnya, untuk memberikan landasan yang kokoh pada calon lulusan magister dan doktor pada prodi pedagogik sekolah pascasarjana universitas pendidikan indonesia, dan pada tahun kelima telah menghasilkan tenaga ahli pedagogik yang mampu menyiapkan tenaga pendidik pada jenjang s1, dan tenaga kependidikan  yang professional secara menyebar di sebagian wilayah indonesia,
  3. dalam jangka panjang (2020), menghasilkan kajian-kajian teoritik maupun empirik melalui penelitian bidang pedagogik dan ilmu-ilmu lain yang bersinergi dalam pengembangan pendidikan sekolah, keluarga, maupun masyarakat berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang pendidikan dalam kerangka memperkokoh sistem pendidikan nasional, pada tahun kesepuluh prodi pedagogik dikembangkan, mampu menghasilkan pemikiran baru tentang pendidikan nasional berbasis budaya nasional.
  4. menyelenggarakan layanan pengabdian pada masyarakat secara professional dalam rangka berkonstribusi dalam memecahkan masalah pendidikan nasional dalam bidang pendidikan usia dini, dasar, menengah dan perguruan tinggi.
  5. menyelenggarakan internasionalisasi pendidikan dan kerjasama dengan negara lain dalam rangka pengembangan teori dan riset pendidikan persekolahan di tingkat usia dini, dasar, menengah dan pendidikan tinggi melalui pengembangan dan pengokohan jejaring dan kemitraan pada tingkat nasional, regional, dan internasional.
  6. menghasilkan cendekiawan yang berwawasan global, idealis, berakhlak mulia, dinamis dalam kepeloporan dan inovasi gagasan pendidikan kemanusiaan.
Kompetensi Program Studi : Profil kompetensi lulusan program studi pedagogik s2 adalah sebagai berikut.
  1. mampu mengembangkan konsep-konsep teoritis dan empiris yang menghasilkan gagasan baru dalam bidang pendidikan yang berbasis pada nilai kebangsaan dan nilai-nilai universal pendidikan,
  2. mampu melakukan kajian pendidikan melalui riset kuantitatif dan kualitatif yang menghasilkan prinsip-prinsip pendidikan yang mampu meningkatkan kualitas kepribadian manusia pada umumnya,
  3. menguasai berbagai konsep landasan filsafat dan teori pendidikan yang dapat dikembangkan di bidang pendidikan sekolah, keluarga dan masyarakat,
  4. mampu mengembangkan prinsip-prinsip pendidikan dan pembelajaran yang mendidik berbasis pada nilai-nilai kultural, sosial, keagamaan, dan nilai-nilai kemanusiaan secara universal, 
  5. mampu mengembangkan teori dan praktek pendidikan dalam kerangka membantu memecahkan masalah pendidikan di sekolah, keluarga dan masyarakat melalui penelitian, penulisan karya ilmiah, seminar, dan pengabdian pada masayarakat,
  6. mampu menghasilkan gagasan inovatif dan cemerlang yang dipublikasikan melalui media cetak, maupun on-line,
  7. mampu sebagai tenaga pendidik di tingkat pendidikan tinggi khususnya lptk, dalam bidang pedagogik, bidang kajian filosofis pendidikan, dan kajian landasan-landasan pendidikan, serta sebagai tenaga ahli dalam bidang riset pedagogis.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 ATANG SETIAWAN Dr M.Pd S.Pd S3
2 ASEP SUDARSYAH Dr M.Pd Drs S3
3 BABANG ROBANDI Dr M.Pd Drs S3
4 PUPUN NURYANI Dr M.Pd Dra S3
5 YUYUS SUHERMAN Dr M.Si Drs S3
6 CEPI TRIATNA Dr M.Pd S.Pd S3
No. Semester Banyak
1 Genap 2018 37
2 Ganjil 2018 41
3 Genap 2017 34
4 Ganjil 2017 40
5 Genap 2016 12
6 Ganjil 2016 33
7 Genap 2015 23
8 Ganjil 2015 31
9 Genap 2014 22
10 Ganjil 2014 23
11 Genap 2013 10
12 Ganjil 2013 10