PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Login Sistem

Silahkan masukkan username dan password Anda untuk masuk ke dalam sistem.

Profil Program Studi Kembali ke Hasil Pencarian
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Pendidikan Indonesia
Kode Program Studi : 89270
Nama Program Studi : PGSD Penjas Kampus Sumedang
Tanggal Berdiri : 13 April 2006
SK Penyelenggaraan : 2143/J33/PP.03.02/2006
Tanggal SK : 2006-04-13
Rasio Dosen : Mahasiswa : 1 : 29.6(2018/2019)
1 : 0(2019/2020)

Alamat :
Kode Pos :
Telepon :
Faximile :
Email :
Website : fpok.upi.edu

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : Menjadi program studi pelopor dan unggul dibidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sd
Misi :
  1. menyelenggarakan pendidikan disiplin ilmu dibidang penjasorkes sd yang berkualitas,  berdaya saing global dan relevan dengan tujuan pendidikan nasional.
  2. menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan teori dan praktik penjasorkes sd yang inovatif dan berakar pada kearifan  lokal.  
  3. menyebarluaskan pengalaman dan temuan inovatif dalam disiplin ilmu dibidang penjasorkes sd demi kemajuan masyarakat.
  4. mengembangkan pendidikan profesional guru penjasorkes sd yang terintegrasi dalam pendidikan akademik dan profesi.
Kompetensi Program Studi : Lulusan program studi pendidikan guru sekolah dasar pendidikan jasmani   strata sarjana (s1) diharapkan mampu mencapai   kompetensi yang sesuai dengan kkni level 6 dengan kemampuan sebagai berikut:
  1. memahami karakteristik dan potensi  peserta didik sekolah dasar, dan  mampu  memfasilitasi perkembangan potensinya yang bervariasi secara berkesinambungan.
  2. menguasai teori, prinsip, prosedur,dan mengoptimalkan potensi peserta didik dalam  merancang program pembelajaran penjasorkes di sd yang mendidik.
  3. menguasai pengetahuan dan  keterampilan  dalam  mengkomunikasikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap positif dibidang penjasorkes kepada peserta didik sd.
  4. mampu  mengelola pembelajaran, kultur kelas dan  sekolah untuk membangun dan mengembangkan proses dan hasil pembelajaran penjasorkes peserta didik dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (ict).
  5. mampu  membina sikap positif, memberi keteladanan, meningkatkan keterampilan, dan  mengembangkan potensi peserta didik sd secara berkesinambungan.
  6. mampu  mengidentifikasi dan  mengatasi permasalahan  yang dihadapi di kelas pembelajaran penjasorkes serta sekolah.
  7. mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja, kelas, sekolah, dan masyarakat di tempat yang bersangkutan bekerja.
  8. menguasai pengetahuan dan  keterampilan dalam  mengembangkan penilaian proses dan hasil belajar dan sekaligus digunakan sebagai dasar memperbaiki proses pembelajaran   penjasorkes sd yang dapat membantu perkembangan potensi peserta didik.
  9. menguasai pendekatan dan metoda penelitian yang dapat digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran penjasorkes sd..
  10. mampu  mempublikasikan gagasan dan  hasil penelitian  yang  berkaitan  dengan bidang  penjasorkes sd.
Capaian Pembelajaran :
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 TATANG MUHTAR Dr M.Si Drs S3
2 AYI SUHERMAN Dr M.Pd Drs S3
3 ADANG SUDRAZAT Dr M.S.I Drs S3
4 DEWI SUSILAWATI Dr M.Pd S.Pd S3
5 DINAR DINANGSIT Dr Dr. M.Pd S.Pd S3
6 RESPATY MULYANTO M.Pd Drs S2
7 ANIN RUKMANA M.Pd Drs S2
8 ENCEP SUDIRJO M.Pd Drs S2
9 ENTAN SAPTANI M.Pd Drs S2
10 INDRA SAFARI M.Pd S.Pd S2
11 YOGI AKIN M.Pd S.Pd S2
12 TEDI SUPRIYADI M.Ag S.H.I S2
13 RIZAL AHMAD FAUZI M.Pd S.Pd S2
14 MUHAMMAD NUR ALIF M.Pd S.Pd S2
15 GILANG GINANJAR HIDAYATULLAH M.Pd S.Pd S2
No. Semester Banyak
1 Genap 2018 430
2 Ganjil 2018 444
3 Genap 2017 400
4 Ganjil 2017 406
5 Genap 2016 215
6 Ganjil 2016 451
7 Genap 2015 426
8 Ganjil 2015 436
9 Genap 2014 233
10 Ganjil 2014 416
11 Genap 2013 563
12 Ganjil 2013 20
13 Genap 2012 395
14 Ganjil 2012 406
15 Genap 2011 362
16 Ganjil 2011 383
17 Genap 2010 354
18 Ganjil 2010 352
19 Genap 2009 336
20 Ganjil 2009 340